Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Zenius Luncurkan Seri Dokumenter untuk Membangkitkan Pariwisata Indonesia

Foto: Zenius Indonesia

Seri dokumenter bertajuk “Mahakarya” dan “Kisah Rasa” mengulas destinasi wisata dan kuliner nusantara dari penceritaan berbasis edukasi.

JAKARTA, KABARE.ID - Platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, meluncurkan seri dokumenter yang mengulas destinasi wisata dan kuliner dengan penceritaan berbasis edukasi.

Peluncuran seri dokumenter ini termasuk dalam bagian kerja sama Zenius dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk pengembangan dan kolaborasi aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata Indonesia.

Bertajuk “Mahakarya” dan “Kisah Rasa”, kedua seri dokumenter ini dibuat dengan narasi yang memberikan pemahaman dan pengetahuan di balik beragam budaya, tradisi, dan sejarah di berbagai daerah di Indonesia.

Seri “Mahakarya” adalah sebuah dokumenter yang menggali warisan terpendam dari tempat peninggalan suatu destinasi wisata. Sementara “Kisah Rasa” merupakan sebuah seri mini dokumenter yang mengungkap identitas dan sejarah Indonesia melalui kekayaan kuliner nusantara.

Proses produksi seri dokumenter “Mahakarya” dan “Kisah Rasa” telah dimulai sejak September tahun lalu. Tahapan produksi meliputi riset, wawancara dengan  narasumber, hingga proses pra-produksi yang seluruhnya dikerjakan oleh tim Zenius.

Hingga kini, Zenius telah menghasilkan tiga video dari keseluruhan episode Jawa Tengah. Untuk video-video selanjutnya, Zenius akan berkolaborasi dengan para mitra Wonderful Indonesia dalam mengembangkan konten Mahakarya dan Kisah Rasa. Seluruh video seri dokumenter Mahakarya dan Kisah Rasa dapat ditonton di kanal Youtube Zenius.

“Banyak orang yang gemar bepergian ke tempat wisata Indonesia tanpa mengetahui konteks dan sejarah dari tempat tersebut. Melalui seri dokumenter ini, kami ingin masyarakat memiliki pengetahuan dari kebudayaan Indonesia,” tutur Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS, dalam siaran pers yang diterima Kabare, Rabu (6/7/2022).

“Dengan pengetahuan yang baik, masyarakat bisa tahu kenapa rata-rata makanan di Jawa Tengah manis, atau kenapa bentuk Candi Borobudur seperti itu. Dengan ini, kami berharap masyarakat bisa lebih mengapresiasi dan melestarikan kebudayaan Indonesia,” jelas Sabda PS.

Selain kerja sama dalam dua seri dokumenter, ke depannya Zenius dan Kemenparekraf juga berencana mengembangkan kerja sama dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor pariwisata melalui program pelatihan SDM (hospitality training).

Pelatihan yang diberikan berupa seri keterampilan praktikal yang akan diberikan kepada para pelaku industri pariwisata di seluruh Indonesia. Gabungan konten seri dokumenter dan pelatihan tersebut diharapkan dapat membangkitkan pariwisata Indonesia setelah pandemi. (*)

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post