Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Yayasan Plan Indonesia Bantu Anak-anak Terdampak Bencana Gempa Cianjur

Foto: Setkab.go.id

Yayasan Plan Indonesia menerjunkan tim tanggap darurat untuk membantu masyarakat yang terkena dampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jakarta, KABARE.ID — Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) sebagai organisasi yang berfokus pada pemenuhan hak anak, menerjunkan tim tanggap darurat untuk membantu masyarakat yang terkena dampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Sebagai lembaga yang berfokus kepada pemenuhan hak-hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan, kami turut bergerak untuk membantu warga terdampak bencana dengan menurunkan tim dan menyalurkan bantuan,” ujar Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Kabare, Rabu (23/11/2022).

Adapun bantuan cepat yang disalurkan antara lain, paket hygine kit untuk anak laki-laki, paket kebersihan dan kesehatan menstruasi untuk anak perempuan, serta makanan dan air mineral untuk anak dan keluarga terdampak.

“Setelah mendapatkan data lebih akurat dari tim lapangan yang melakukan kaji cepat, kami akan dapat memetakan kebutuhan anak-anak lebih lanjut, baik anak perempuan maupun anak laki-laki, dalam situasi bencana seperti ini,” lanjut Dini,

“Kami akan mengidentifikasi dampak bencana dan kebutuhan mereka secara spesifik termasuk terhadap layanan pengasuhan untuk anak yang kehilangan pengasuh, layanan psikososial, hunian sementara yang ramah anak, pendidikan sementara selama pengungsian, layanan perlindungan anak dari kekerasan di situasi bencana, serta layanan mendasar lainnya seperti kebutuhan air bersih dan peralatan kebersihan diri,” kata Dini.

Menurut data terakhir BNPB, Selasa (22/11), hingga pukul 12.00, selain mengakibatkan kematian, masih ada 25 orang yang dilaporkan hilang, 362 orang luka ringan hingga berat, 3.137 rumah rusak ringan, sedang, dan berat, serta 7.060 orang mengungsi.

Untuk meningkatkan bantuan bagi tanggap darurat, Plan Indonesia juga membuka pintu donasi bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk korban anak dan keluarga yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur.

Plan Indonesia juga berkolaborasi dengan komunitas Gelang Harapan atau HOPE yang diinisiasi oleh figur publik Wulan Guritno, Amanda Soekasah, dan Janna Soekasah Joesoef, untuk melakukan penggalangan bantuan melalui halaman crowdfunding yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat terdampak. (*)

 

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post