Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Tak Hanya Indah, 5 Wisata Alam di Semarang Ini Juga Bisa Buat Pikiran Tenang

Foto: www.indonesia.travel/id

Semarang punya banyak banget destinasi lain yang juga layak masuk ke bucket list terutama untuk kamu yang menyukai wisata alam.

KABARE.ID: Kalau mendengar tentang destinasi wisata di Semarang, apa saja yang kamu bayangkan? Mungkin yang terlintas adalah Lawang Sewu atau Kota Lama. Padahal, di Semarang itu ada banyak banget destinasi lain yang juga layak masuk ke bucket list terutama untuk kamu yang menyukai wisata alam.

Nggak percaya kalau Semarang juga mempunyai spot wisata alam yang menawan dan menenangkan pikiran? Coba simak daftar berikut ini

1 | Brown Canyon

Tebing Instagenic Brown Canyon

Di pinggiran Kota Semarang, tepatnya di daerah Rowosari, Tembalang, ada pertambangan pasir dan batu yang belakangan justru dikenal sebagai destinasi untuk berfoto sekaligus berwisata. Namanya adalah Brown Canyon. Di sini, kamu dapat berfoto dengan latar belakang perbukitan yang sudah menjadi tebing-tebing curam karena sudah ditambang selama puluhan tahun. Uniknya lagi, di atas tebing-tebing yang menjulang tinggi itu ada pohon-pohon yang tumbuh. Nggak heran kalau para fotografer banyak yang berdatangan ke sini untuk membidik foto yang instagenic.

Waktu terbaik untuk datang Brown Canyon adalah di sore hari. Selain kondisinya sudah nggak terlalu panas, kamu juga bisa melihat matahari terbenam dari sini. Foto tebing dengan langit yang sudah berwarna orange akan tampak lebih eksotis. Selain itu, aktivitas penambangan juga sudah sepi ketika sore hari. Dijamin, pikiran kamu akan lebih tenang di sini.
 

2 | Wisata Lereng Kelir

Wisata Lereng Kelir secara resmi dibuka pada Januari 2017. Wisata alam yang yang menawarkan ketenangan satu ini berlokasi di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Semarang. Kalau kamu berangkat dari Kota Semarang, akan butuh waktu kurang lebih dua jam perjalanan darat. Jika dihitung, jaraknya kurang lebih 46 kilometer dari Kota Semarang.

Untuk bisa menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan, kamu harus menyiapkan diri untuk mendaki selama kurang lebih 1,5 jam. Setelah tiba di puncak, rasa lelah pasti terbayarkan dengan pemandangan yang luar biasa. Kamu bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. Jangan lupa juga dengan kecantikan Rawa Pening yang dapat disaksikan dari puncak Lereng Kelir.

Kalau tertarik untuk berkemah di puncak Lereng Kelir, kamu bisa membawa peralatan sendiri. Biasanya akan ada banyak wisatawan lain yang juga membangun tenda dan bermalam di spot ini. Di malam hari, wisatawan biasanya akan duduk santai sambil melihat lampu-lampu kota dari atas ketinggian. Nggak perlu takut akan berdesakan dengan pengunjung lain, lokasi camping di sini luas. Kalau kamu membutuhkan informasi yang lebih lengkap, langsung saja kunjungi www.wisatalerengkelir.com.
 

3 | Candi Gedong Songo

Pemandangan Alam di Candi Gedong Songo

Semarang memiliki sebuah komplek candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran yaitu Candi Gedong Songo. Istilah 'Gedong Songo' berarti sembilan bangunan. Namun uniknya, hanya ada lima komplek candi yang berdiri dengan megah di Desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang ini.

Menariknya lagi, candi-candi di sini dibangun secara berderet dari bawah ke atas perbukitan. Sampai saat ini belum ada yang mengetahui secara pasti kenapa susunannya dibuat seperti itu. Satu hal pasti adalah kamu akan melihat candi sekaligus menyaksikan pemandangan perbukitan yang hijau di spot ini. Wah, pasti bikin pikiran jadi lebih relaks, ya.

Mungkin kamu sudah pernah melihat di media sosial, ada spot khusus untuk berfoto di dekat Candi Gedong Songo. Namanya Ayana Gedong Songo. Spot ini cukup populer dan sempat viral di media sosial ketika baru dibuka.
 

4 | Rawa Pening

Pemandangan Pegunungan dari Rawa Pening

Selain wisata alam di bukit dan pegunungan, kamu juga bisa mampir ke danau alami yang berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo. Namanya Rawa Pening. Sudah pernah mendengar soal danau ini sebelumnya? Kalau belum, nggak masalah. kamu bisa langsung datang saja ke danau yang luasnya sekitar 2.670 hektare ini.

Aktivitas yang dapat dilakukan di destinasi ini adalah menyewa perahu lalu berkeliling danau sembari menikmati pemandangan. Setelah lelah berkeliling selama kurang lebih 40 menit, kamu bisa kulineran di warung apung yang terletak di dekat danau.
 

5 | Curug Benowo

pemandangan alami di air terjun Benowo

Kamu ingin datang ke destinasi yang seru untuk bermain air? Semarang memiliki Curug Benowo atau air terjun Benowo yang berada di lereng Gunung Ungaran. Tinggi air terjun ini sekitar 70 meter dengan aliran air yang terbilang deras.

Untuk sampai di air terjun ini, kamu harus berjalan kaki terlebih dulu sepanjang kurang lebih 2,5 kilometer. Jadi, siapkan energi ekstra dan fisik yang sehat, ya! Setelah melewati jalanan yang terjal, kamu akan disambut air terjun yang masih bersih dan segar. Pemandangan hijau dari pohon-pohon tinggi yang mengelilingi area air terjun membuat suasana terasa semakin menyenangkan dan menenangkan. Jangan lupa juga untuk berfoto di spot yang menjadi favorit para wisatawan yakni jembatan kayu yang dijuluki sebagai Jembatan Romantis.

Destinasi-destinasi di Indonesia memang penuh dengan berbagai jenis wisata, termasuk wisata alam. Bahkan di satu daerah saja, seperti di Semarang, kamu bisa merasakan keindahan gunung hingga air terjun. Namun, jangan sampai lupa dengan protokol kesehatan selama bersenang-senang, ya! Tetap rajin cuci tangan, jangan melepaskan masker jika tidak dibutuhkan, dan selalu jaga jarak demi keamanan bersama. (*)

 

Sumber: indonesia.travel/id
Foto-Foto: indonesia.travel/id dan berbagai sumber

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post