Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Salihara Arts Center Gelar Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA 2021

Foto: dokumentasi Salihara

Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA 2021 adalah sebuah kompetisi tahunan dari Salihara Arts Center yang memberikan panggung kepada para generasi penerus bangsa untuk mengadu kemampuan berpikir kritis, kreatifitas berargumen serta wawasan intelektual.

KABARE.ID: Membaca karya sastra memberi kita kekayaan psikologis dan perspektif untuk memahami persoalan manusia dan dunia. Kita juga dapat melihat kekayaan intelektual suatu bangsa dalam karya sastra. Jika membaca ditanamkan sejak dini, kita dapat membangun generasi yang kreatif, kritis dan punya minat intelektual yang baik.

Untuk mendorong peningkatan intelektualitas generasi muda, Komunitas Salihara kembali mengadakan Kompetisi Debat Sastra Tingkat SMA 2021. 

"Kami mengajak generasi muda untuk mencintai dunia sastra sekaligus mengajak mereka untuk jadi kebanggaan sekolah masing-masing. Kompetisi ini mengajak para siswa/i membandingkan dua karya sastra yang telah kami tentukan. Fokus membandingkan karya sastra Indonesia berdampingan dengan karya luar negeri adalah tantangan tersendiri dari kompetisi ini. Karena secara tidak langsung siswa/i dapat memiliki pemahaman intertekstual dan memperluas horison pengetahuan," demikian keterangan resmi Salihara Arts Center, Selasa (4/5/2021).

Para siswa/i bebas membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang. Setiap kelompok menulis makalah berdasarkan telaah dan perbandingan mereka atas karya yang ditentukan. Kelompok yang berhak menuju babak final adalah mereka yang unggul pada tahap pertama: makalah yang menawarkan kedalaman pemahaman dan keluasan perspektif, mutu argumen, pendalaman dan penggalian masalah serta ketertiban dan keindahan bahasa Indonesia.

Peserta-peserta yang lolos menuju babak final akan beradu kembali melalui debat daring yang diadakan untuk memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda pada bulan Oktober 2021. 

Pendaftaran kompetisi ini dibuka secara resmi pada Hari Pendidikan Nasional, 02 Mei 2021 sampai 04 Juni 2021. Pengumpulan makalah paling lambat 14 September 2020. Juara 1 akan mendapatkan hadiah sejumlah Rp20.000.000; Juara 2 sejumlah Rp10.000.000; dan tiga makalah favorit masing-masing Rp3.000.000.

Untuk informasi, syarat dan ketentuan lebih lengkap kunjungi www.salihara.org. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post