Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Rempah-rempah Indonesia Menggugah Selera Masyarakat Finlandia dan Estonia

Ilustrasi: Shutterstock/Wisnu Haryo Yudhant

Aroma rendang dan gulai daun kale yang dituangkan di atas nasi kuning hangat menggugah selera masyarakat Finlandia dan Estonia dalam rangka perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Finlandia, KABARE.ID -  Aroma rendang dan gulai daun kale yang dituangkan di atas nasi kuning hangat menggugah selera masyarakat Finlandia.

Lebih dari 120 orang tamu-tamu sahabat Indonesia di Finlandia dari kalangan pemerintahan, bisnis, seni budaya, dan dari berbagai latar belakang tampak menikmati hidangan yang disajikan.

Di sisi lain, tampak tamu-tamu, menikmati minuman jamu, sambil berbincang-bincang hangat diiringi alunan musik tradisional Indonesia.

Suasana tersebut berlangsung dalam Resepsi Diplomatik dalam rangka perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, yang diadakan 25 Agustus 2022 yang lalu di halaman Wisma Duta Besar RI di Helsinki, Finlandia.

Selang beberapa hari kemudian, tanggal 29 Agustus 2022, Resepsi Diplomatik juga diadakan di Tallinn, Estonia, yang termasuk wilayah akreditasi KBRI Helsinki.

Selain sajian negara setempat, para tamu juga disajikan berbagai hidangan khas Indonesia seperti mi goreng, lumpia, onde-onde, dan dadar gulung, dengan berbagai minuman termasuk jamu. Pada resepsi diplomatik tersebut, KBRI Helsinki juga mempromosikan kopi Indonesia dan produk Indomie.

Hadirnya makanan dan minuman khas Indonesia yang kaya rempah-rempah, seperti rendang dan jamu, dalam resepsi diplomatik RI di Finlandia dan Estonia, merupakan tema yang sengaja diusung oleh KBRI Helsinki dalam semangat mempromosikan kuliner Indonesia yang bertajuk Indonesia Spice Up the World (ISUTW).

Sebagai program Pemerintah RI, pelaksanaan ISUTW selain mempromosikan kuliner khas Indonesia juga diharapkan dapat membantu pencapaian target nilai ekspor rempah dan bumbu masak Indonesia sebesar USD2 miliar serta 4.000 restoran Indonesia di luar negeri pada tahun 2024.

Upaya memperkenalkan jamu juga dilakukan oleh restoran-restoran Indonesia di Finlandia. Marissa Bulgamin, pemilik restoran Bali Brunch, salah satu restoran Indonesia di Finlandia yang memiliki jamu dalam menu minumannya.

Promosi kuliner Indonesia di Finlandia semakin marak dengan pembukaan dua restoran Indonesia Pawon Lawu di Kaarina (dekat Turku) dan Bali Corner di Tampere, yang dibuka pada 2020.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, target Finlandia dan Estonia sebagai salah satu sasaran mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia melalui ISUTW, dirasa tepat karena keterbukaan masyarakat kedua negara tersebut dalam menerima sesuatu yang baru, serta iklim yang mendukung, yakni iklim dingin di wilayah utara dan iklim wilayah baltik yang hampir mirip.

 

Sumber: KBRI Helsinki

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post