Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Pemprov Kalteng Kembali Gelar Festival Budaya Isen Mulang Setelah Vakum 2 Tahun

Ilustrasi: Festival Budaya Isen Mulang. (Instagram @baayooe)

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) kembali digelar setelah vakum selama dua tahun karena Pandemi COVID-19.

JAKARTA, KABARE.ID - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) kembali digelar setelah vakum selama dua tahun karena Pandemi COVID-19.

FBIM merupakan Festival Budaya terbesar di Kalteng yang menampilkan beragam lomba dan pagelaran seni budaya. Acara yang menjadi rangkaian peringatan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke-65 itu ramai dihadiri masyarakat setempat.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyambut baik atas diselenggarakannya Festival Budaya Isen Mulang tahun 2022 ini.

“Kegiatan ini merupakan sebuah perwujudan cipta rasa dan karya para seniman daerah yang dilandasi nilai luhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila, yang bercorak Bhinneka Tunggal Ika serta berwawasan nusantara," ucap Sugianto dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan bisa selalu menjiwai perilaku masyarakat dalam membangkitkan semangat kesetiakawanan dan tanggung jawab sosial, disiplin serta semangat pantang menyerah dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Di samping dapat menumbuhkan kemampuan masyarakat dalam memahami, melestarikan seni budaya, dan mengamalkan nilai budaya bangsa yang luhur dan beradab, dengan diperkaya oleh seni budaya daerah serta menyerap budaya asing yang positif untuk memperkaya khasanah seni dan budaya bangsa," imbuhnya.

Sugianto mengatakan FBIM ini merupakan event yang memotivasi dan menumbuhkembangkan peran masyarakat serta dunia usaha dalam menunjang pengembangan kebudayaan dan pariwisata.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menjelaskan perlu adanya kesamaan bahasa, gerak, dan langkah mengembangkan kebudayaan dan pariwisata untuk dapat terus ditingkatkan oleh semua pihak.

"Dengan dilaksanakannya acara ini pula, diharapkan mampu menggugah masyarakat untuk lebih giat membangun dan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat sehingga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan Tengah," pungkasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari menyampaikan bahwa FBIM diselenggarakan selama enam hari pada 17 - 22 Mei 2022. Event ini masuk dalam salah satu Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang ditetapkan oleh Menteri Pariwisata RI.

Pada tahun 2022 ini, FBIM melombakan 17 cabang lomba yang digelar di UPT Taman Budaya Palangka Raya, Bawah Jembatan Kahayan, Aula Disbudpar Kalteng, dan Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

Adapun 17 cabang yang dilombakan yaitu Karnaval Budaya, lomba habayang, lomba jukung tradisional, lomba besei kambe, lomba sepak sawut, lomba mangenta, lomba karungut, lomba balogo, lomba tari, lomba malamang, lomba lawang sakepeng, lomba lagu daerah, pemilihan jagau dan bawi nyai pariwisata, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba vlog, lomba maneweng, manatek dan manyila kayu.

Peserta lomba merupakan utusan dari 13 Kabupaten dan 1 Kota berjumlah sekitar 1.500 orang dan khusus peserta karnaval berjumlah kurang lebih 3.000. (akn/ega)

 

Sumber: Detik.com

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post