Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Menparekraf Sebut Kampus adalah Tempat Terbaik Bermulanya Ide Kewirausahaan

Foto: dokumentasi Indonesia Youth Forum 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan bahwa kampus merupakan satu ekosistem yang mendorong inovasi yang sudah teruji. Ia memberi contoh perusahaan besar seperi Pizza Hut dan Gojek lahir dan tumbuh di kampus.

JAKARTA – KABARE.ID: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno membagikan pandangannya terakit campus entrepreneurship. Pandemi Covid-19 berdampak ke kehidupan baik dari sisi ekonomi, sosial dan lapangan pekerjaan. Dimana ada 34 juta lapangan kerja di sektor parekraf yang terdisrupsi. Sebagian pengusaha mengurangi jam kerja mereka dan ada sekitar 11,4 ribu iklan lowongan kerja di kuartal III 2020, turun jauh dari kondisi normal di luar pandemi.

“Tapi selain tantangan, ada peluang di depan mata. Termasuk jumlah populasi 274,9 juta yang didominasi usia produktif. Dan aktifnya transaksi mobile, internet dan media sosial. Potensi ekonomi digital dari data Google-Temasek sebesar 120-140 miliar dolar AS di tahun 2025. Kita harus menyikapinya agar kita tidak menjadi pasar, melainkan menjadi produsen,” kata Sandiaga dalam acara Indonesia Youth Forum 2021, secara virtual, Jumat (30/4).

Kemenparekraf sendiri ingin membangun ekosistem ekonomi kreatif digital namun terkendala permasalahan klasik di UMKM seperti akses ke pasar, akses pembiayaan, akses peningkatan SDM. Isu sama yang mendera pelaku UMKM selama 20 tahun terakhir. Hal lain yang mengejutkan, baru 9% UMKM yang menggunakan teknologi digital secara optimal. Hanya 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang terhubung dengan wadah digital. Ini menjadi PR bersama.

“Terkait inkubator di kampus, ini sangat ultra critical. Best entrepreneurial ideas itu mulainya di kampus, itu pengalaman saya sendiri. Kampus merupakan satu ekosistem yang mendorong inovasi, pro-activity dan risk-taking yang sudah teruji. DI kampus ide–ide tersebut relatif bisa terkurasi dengan presisi. Dulu di kampus saya ada entrepreneurship center and laboratorium dimana ide-ide diuji seperti Pizza Hut itu toko pertamanya itu ada di kampus. Gojek juga kan di tahun 2009 pitching pertama kalinya di kampus,” tambah Sandiaga. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post