Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Mencoba 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Kampung Majapahit

Foto: Kemenparekraf RI

Kampung Majapahit memiliki daya tarik utama berupa peninggalan asli dari Kerajaan Majapahit, seperti beragam patung Buddha yang tersebar di area Maha Vihara Majapahit, miniatur Candi Borobudur, dan pohon Maja berbuah lebat yang merupakan asal usul Kerajaan Majapahit.

MOJOKERTO, KABARE.ID - Sebagai salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia, eksistensi Kerajaan Majapahit tentu melekat erat dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Nah, kamu tahu enggak sih? Daerah yang dulunya menjadi pusat ibu kota kerajaan yang didirikan oleh Raden Wijaya itu ternyata masih ada hingga sekarang lho, tepatnya berada di Kampung Majapahit, Mojokerto, Jawa Timur. Saat berkunjung ke sini, kamu dijamin takjub karena seolah masuk ke lorong waktu.

Apa yang spesial dari Kampung Majapahit?

Menjadi saksi sejarah penting dari penyebaran agama Hindu-Buddha di Indonesia, Kampung Majapahit ini memiliki daya tarik utama berupa peninggalan asli dari Kerajaan Majapahit, seperti beragam patung Buddha yang tersebar di area Maha Vihara Majapahit, miniatur Candi Borobudur, dan pohon Maja berbuah lebat yang merupakan asal usul Kerajaan Majapahit.

Penasaran seperti apa aktivitas seru lainnya yang ada di desa wisata ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah.

1.  Menelusuri sejarah di Museum Majapahit
Buat kamu yang suka wisata sejarah, pasti bakal jatuh cinta sama ragam peninggalan di Museum Majapahit. Museum yang juga sering disebut Museum Trowulan tersebut awalnya merupakan lokasi penyimpanan artefak-artefak peninggalan Kerajaan Majapahit. Mulai dari koleksi tanah liat (terakota), logam, batu, hingga keramik, semua tersimpan rapi di tempat bersejarah yang dibangun pada tahun 1924 itu.

2.  Mengabadikan foto kece di kawasan Patung Buddha Tidur
Mau berfoto ria dengan latar instagenic? Desa wisata ini juga punya spot menarik, yaitu Patung Buddha Tidur. Salah satu ikon terkenal dari wisata Mojokerto ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter. Yang bikin bangganya lagi, patung berwarna emas itu menyandang predikat sebagai patung Buddha terbesar kedua di Asia setelah Thailand, lho.

3.  Menyaksikan pertunjukan seni nan ciamik
Berdekatan dengan kawasan Patung Buddha Tidur, pertunjukan kesenian bantengan yang biasanya diadakan di Candi Bajag Ratu juga pantang dilewatkan. Penampilan seni dengan iringan alat musik tradisional dan menggabungkan unsur sendratari serta kanuragan itu juga mengandung syair yang kental akan sentuhan magis. Tak heran bila seluruh pemain bantengan kerap menggunakan baju berwarna hitam, lengkap dengan topeng berbentuk kepala banteng.

4.  Mencicipi nikmatnya kuliner autentik khas Mojokerto
Mau cari kudapan yang menggugah selera? Onde-onde khas Mojokerto adalah jawabannya. Camilan manis ini sangat terkenal dan jadi salah satu menu wisata kuliner andalan yang punya banyak penggemar, karena keunikan onde-onde khas Mojokerto yang menggunakan bahan dasar tepung terigu. Alhasil, perpaduan kulit lembut dan gurih bertabur biji wijen pada bagian luarnya bikin siapa saja yang mencicipinya ketagihan.

5.  Berkeliling Candi Brahu yang instagenic
Bangunan bata merah dengan bentuk persegi pada bagian alasnya ini juga wajib masuk daftar kunjungan saat ke Desa Wisata Kampung Majapahit nih, yaitu Candi Brahu. Tempat bersejarah yang instagenic ini diprediksi sudah ada sejak 15 M dan lokasinya berdekatan dengan candi peninggalan Kerajaan Majapahit lain, seperti Candi Muteran, Candi Gedong, dan Candi Tengah. Berjalan santai di sekitar kompleks candi sambil menikmati waktu senja adalah momen yang paling pas untuk mengunjungi situs sejarah yang satu ini.

Nah, itu tadi beberapa aktivitas menarik di Desa Wisata Kampung Majapahit, Mojokerto yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sini. Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi Covid-19 demi melindungi diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai ya. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post