Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
NASIONAL

Membandingkan Harga Tiket Borobudur dengan 5 Keajaiban Dunia Lainnya

Foto: pixabay.com/ moslem_alit

Tiket Borobudur naik menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan US$100 untuk wisatawan mancanegara. Kenaikan harga ini menimbulkan banyak kontroversi dari berbagai pihak. Namun dibandingkan dengan warisan budaya dunia lainnya, berapa sih tiket lokasi wisata sejarah lainnya?

JAKARTA, KABARE.ID -- Tiket Borobudur naik menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal yang ingin naik ke puncak Borobudur, sedangkan untuk wisatawan asing menjadi US$100 atau sekitar Rp1,4 juta (kurs per tanggal 7/6/2022).

Sementara, harga tiket masuk candi Borobudur dan berada di pelataran Borobudur akan diijual Rp50 ribu, dan bagi wisatawan asing dikenakan tarif US$25 (Rp361 ribu). Kenaikan harga ini menimbulkan banyak kontroversi dari berbagai pihak.

Tak dimungkiri Borobudur menjadi salah satu warisan budaya dunia. Namun dibandingkan dengan warisan budaya dunia lainnya, berapa sih tiket lokasi wisata sejarah lainnya?

1. Piramida Giza, Mesir

Mengutip laman Pyramid of Giza, harga tiket masuk ke situs warisan dunia ini berbeda-beda tergantung pada area yang akan dijelajahi.

Namun umumnya, harga tiket masuk Piramida Giza di Mesir ini berkisar antara EGP200 sampai EGP600 atau Rp155 ribu sampai Rp466 ribu untuk dewasa. Sedangkan untuk pelajar harganya berkisar EGP100-300 atau sekitar Rp77 ribu sampai Rp233 ribu.

Untuk harga termurah Rp155 ribu, Anda tak bisa masuk ke Great Pyramid, Pyramid of Khafre, Pyramid of Menkaure, Worker's Cemetery, atau the Solar Boat Museum. Untuk bisa mendapatkan tiket terusan semua area, Anda harus memilih tiket dengan harga Rp466 ribu untuk orang dewasa. Selain itu, harga ini juga tak termasuk dengan harga tour guide.

2.Colosseum, Roma

Salah satu tempat yang paling banyak diincar Turis yang datang ke Italia adalah bertandang ke Colosseum untuk merasakan atmosfer menjadi gladiator atau penontonnya.

Untuk bisa berfoto di depan colosseum, Anda tak dipungut biaya. Tapi jika ingin masuk sampai ke tribun duduk dan melihat bagian dalam bangunan ini, ada tiket masuk yang harus dibeli.

Mengutip laman Rome Colosseum tickets, harga tiket bervariasi dari 24 euro sampai 49 euro per orang. Tiket yang sebaiknya dibeli online ini bervariasi sesuai dengan area yang bisa dijelajahi.

Untuk area standar seperti Colosseum, Roman Forum, Palatine Hill, harga tiketnya adalah 24 euro (Rp372 ribu). Sedangkan buat Anda yang ingin menikmati Colosseum, Roman Forum dan Palatine Hill bisa memilih tiket dengan harga 30 euro per orang Rp465 ribu. Sedangkan untuk bisa sampai ke Colosseum, Arena Floor dan Roman Forum, tiketnya seharga 49 euro (Rp760 ribu).

3. Menara Pisa, Italia

Selain Colosseum, di Italia, Anda juga bisa melihat Menara Pisa, si menara miring yang terkenal. Tak cuma melihat dari luar dan berfoto layaknya turis dengan gaya seolah-olah sedang mendorong menara ini agar tak miring, Anda juga bisa masuk ke dalam menaranya sampai di puncak.

Harga tiket yang harus dibayar untuk bisa merasakan masuk ke Menara ini juga bervariasi, antara 24 euro-79 euro.

Untuk harga 24 euro (Rp372 ribu), Anda bisa masuk ke dalam Menara Pisa dan naik sampai ke puncak menara. Namun ingat, Anda hanya diizinkan berada di atas maksimal 30 menit.

Sedangkan anak-anak di bawah usia 8 tahun tidak diizinkan untuk masuk. Sedangkan untuk harga yang lebih mahal, tentu saja ada area lain yang bisa Anda jelajahi selain menara ini, misalnya Pisa Monumental Complex, Opera Museum, Baptistry, Synopie, dan Cathedral Complex.

4. Taj Mahal, India

Taj Mahal, sebuah monumen yang dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istri tercintanya Mumtaz Mahal menjadi salah satu Situs Warisan Dunia Unesco sejak 1983.

Kisah yang romantis dan menyentuh ini membuat banyak orang ingin menikmati pesonanya lebih dalam dengan masuk ke dalam areanya. Namun bagi wisatawan yang ingin masuk, harus membayar tiket masuk.

Mengutip situs resmi Taj Mahal, harga tiket masuk ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu berdasarkan hari (weekend atau weekday, kecuali Jumat karena tutup), kewarganegaraan (asing atau lokal), dan area yang ingin dikunjungi.

Namun harga tiket masuknya berkisar pada 50 rupe (Rp9 ribu) untuk warga lokal dan 1.100 rupe (Rp204 ribu) buat warga asing.

Harga tiket ini hanya bersifat standar. Artinya, Anda hanya bisa berada di dalam Taj Mahal. Jika ingin masuk ke area lain seperti Agra fort, fatehpur sikri, akbar tomb sikandra, itimad ud daulah, mehtab bagh, ram bagh, dan mariyam tomb harus membeli tiket tambahan. Namun harganya tidak semahal tiket utama.

5. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu yang dalam bahasa lokal berarti Gunung Tua merupakan lokasi bersejarah di Peru. Area ini disebut juga sebagai Inca yang hilang.

Sama seperti Taj Mahal, area ini menjadi simbol Kerajaan Inca. Situs bersejarah ini menjadi warisan budaya UNESCO pada 1983. Tak cuma itu, Machu Picchu juga menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia di 2007 lalu.

Tiket masuk ke salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi wisatawan. Harga tiket masuk machu picchu dibagi berdasarkan usia. Untuk dewasa harganya dewasa 152 peruvian soles (Rp609 ribu), pelajar 77 - 125 peruvian soles (Rp298-485 ribu), dan minor 70 - 118 peruvian soles (Rp271-457 ribu) untuk semua circuit. (chs)

 

Sumber: CNN Indonesia

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post