Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Mahasiswa UB Malang Ciptakan Sel Surya dari Kulit Kopi

Ilustrasi: Limbah kulit kopi. (Instagram @bolabolataai)

Sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya Malang berhasil menciptakan sel surya dari bahan baku limbah kulit kopi.

MALANG-KABARE.CO: Empat Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Brawijaya Malang berhasil menciptakan sel surya jenis Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC) dengan bahan baku dari kulit kopi.

Di bawah bimbingan dosen Dr Sc Siti Mariyah Ulfa, Tomi Setiawan, Wahyu Yudhi Subekti, Siti Sumadyah Nuradyah, dan Khusnul Ilmiah melakukan penelitian dengan judul "Pemanfaatan Limbah Kulit Biji Kopi Robusta sebagai Natural Dye dan Counter Electrode pada Fabrikasi Dye-Sensitized Solar Cell  Menjadi Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan".

Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, yaitu dilaksanakan pada tanggal 15 Maret - 10 Mei 2017 yang dilakukan di Laboratorium Kimia Organik, Universitas Brawijaya.

"Kulit kopi memiliki fungsi ganda, yakni sebagai zat pewarna alami berupa antosianin dan counter electrode berupa karbon aktif," kata Ketua Tim Tomi Setiawan seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/6/2017).

(Baca juga: Mahasiswa UM Magelang Ubah Bunga Pinus jadi Teh Herbal)

Ilustrasi: Limbah kulit kopi. (Instagram @wonosobohitz)

Wilayah Malang, khususnya Kabupaten Malang memiliki potensi produksi kopi yang cukup besar, sehingga dengan produksi kopi yang tinggi akan menimbulkan limbah kulit kopi yang sangat banyak. Berangkat dari kondisi ini Tomi bersama tim melakukan penelitian manfaat kulit kopi pada sistem DSSC.

Tomi menerangkan proses pembuatan sel surya tersebut dimulai dengan ekstrasitas antosianin, pembuatan counter electrode dan yang terakhir fabrikasi prototype DSSC. "Selama proses pengerjaan penelitian ini tidak ada hambatan, penelitian ini didukung penuh oleh pihak FMIPA UB," ujarnya.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, berupa purwarupa dari DSSC yang dapat digunakan atau biasa disebut dengan penelitian dalam skala kecil dan masih dalam bentuk penelitian. (bas)

Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post