Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Mahasiswa S2 Universitas Cendrawasih Angkat Budaya Lokal Lewat Pentas Seni Teater

Foto: Kabartimur.com

Mahasiswa S2 Magister Pendidikan Dasar (MPDr) Universitas Cendrawasih (Uncen) tahun 2021/2022 menggelar Pentas Seni Teater di Aula SMA Oikumene Manokwari, Jl. Merapi Fanindi, Minggu (10/7/2022).

MANOKWARI, KABARE.ID – Mahasiswa S2 Magister Pendidikan Dasar (MPDr) Universitas Cendrawasih (Uncen) tahun 2021/2022 menggelar Pentas Seni Teater di Aula SMA Oikumene Manokwari, Jl. Merapi Fanindi, Minggu (10/7/2022).

Sekertaris Program Study MPDr Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uncen, Indah Slamet Budiarti menyampaikan bahwa output dari pentas seni teater tersebut yakni mahasiswa mampu mengangkat tesis kearifan lokal dan budaya lokal.

Mahasiswa diberi keleluasaan mengangkat tema yang mempunyai nilai karakter yang bisa dikaitkan dengan pelajaran ke SD. Mahasiswa juga diberi kesempatan membuat naskah dengan dosen pendamping (Pengampu).

“Mahasiswa dilatih membuat naskah narasi narator hingga pemain mereka ke dalam nuansa kearifan lokal yang dipentaskan,” jelas Indah, sebagaimana dikutip dari Kabartimur.com, Selasa (12/7/2022).

Pementasan teater dibawakan oleh dua kelas yakni kelas Manokwari dan Kelas Teluk Wondama. Kelas Manokwari mementaskan cerita rakyat Papua Barat dari Pegunungan Arfak yang berjudul “Edesa Oufa dan Burung Cendrawasih”. Sementara kelas Wondama mementaskan cerita rakyat dari Kabupaten Teluk Wondama yang berjudul “Amba Carna Jawut Iworo” (Asal Mula Batu Api).

Pada kesempatan yang sama, dosen pengampu, Adolfina Lefaaan Samosir mengapresiasi mahasiswa yang berhasil melakukan pentas seni teater dengan maksimal dan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

Pihaknya berharap agar pemerintah daerah baik bisa memberikan perhatian khusus untuk mendukung anak-anak Papua di bidang pendidikan terutama pendidikan untuk mengenal budayanya sendiri. (*)

 

Sumber: Kabartimur.com

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post