Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Lantik Pejabat Pembuat Akta Tanah, Ini Pesan Kepala BPN Kepahiang

Foto: dokumentasi Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang.

Kelapa Kantor Tanah Kabupaten Kepahiang, Romeli Santiago, S.SiT., M.H, menyampaikan empat pesan penting kepada Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Kepahiang. Salah satunya adalah agar PPAT lebih teliti dalam pembuatan akta tanah, ini penting agar tidak terjadi kesalahan.

KEPAHIANG, KABARE.ID - Kelapa Kantor Pertanahan Kabupaten Kepahiang, Romeli Santiago, S.SiT., M.H, menyampaikan empat pesan penting kepada Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Kepahiang. Pesan ini diungkapkan Romeli saat memberikan sambutan ketika melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Sitharesmi Dien Mangoen Dihardjo S.H, M.kn pada Kamis (12/5/2022) di Aula Kantor BPN Kepahiang. 

"Saya selaku pembina PPAT di Kabupaten Kepahiang menyampaikan ada empat hal besar yang wajib dilakukan oleh PPAT," ujar Romeli.

Romeli menegaskan hal utama yang wajib dilakukan oleh PPAT adalah ketelitian. 

"Yang pertama agar PPAT lebih teliti dalam pembuatan akta tanah, ini penting agar tidak terjadi kesalahan," Kata Romeli.

Lebih lanjut Romeli menyinggung mengenai profesionalitas kerja PPAT.

"Kemudian kedua, seluruh PPAT yang bertugas di Kabupaten Kepahiang agar melakukan pekerjaan secara baik dan profesional. Dan ketiga terkait dengan kewenangan PPAT dan notaris harus betul-betul dijalankan," lanjut Romeli 

Di akhir pesannya Romeli meminta agar PPAT dan BPN dapat bersinergi dengan baik. 

"Dan yang keempat tugas pokok yang sama, yaitu sama sama pelaku pendaftaran tanah. Namun PPAT sebagai recording of deed conveyance (perekam dan perbuatan-perbuatan) dan BPN yang melakukan sehingga keabsahan memiliki keabsahan yang unggul," tutup Romeli.

PPAT merupakan pejabat umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post