Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Kemendikbudristek Gelar Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia 2021 Tingkat SMA

Foto: Kemendikbudristek RI

Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia digelar untuk menyiapkan talenta emas Indonesia di bidang inovasi dan riset sekaligus membangun karakter Pelajar Pancasila.

BANDUNG, KABARE.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2021 tingkat SMA dan sederajat, pada 16 - 20 November 2021.

Sebanyak 175 naskah terbaik dari 2.377 proposal yang diajukan oleh siswa Indonesia akan berkompetisi pada KoPSI 2021 dengan diikuti oleh 372 siswa finalis dari 98 SMA, 26 MA, serta satu Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Jeddah, Arab Saudi.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Jumeri mengatakan, riset dan penelitian merupakan cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi manusia.

“Manusia harus mencari pengetahuan-pengetahuan baru, mencari wawasan baru agar hidup lebih baik dengan melakukan riset dan penelitian,” tutur Dirjen Jumeri saat membuka secara resmi KoPSI 2021, secara virtual pada Selasa (16/11).

Melalui KoPSI 2021, kata Jumeri, dapat menjadi salah satu program yang berkontribusi untuk meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, serta meningkatkan kemampuan berpikir logis dan analitis.

Di samping itu, KoPSI 2021 juga dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama dalam kelompok, meningkatkan kemandirian, kepercayaan diri, serta meingkatkan keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulisan melalui karya ilmiah.

“(KoPSI) Ini adalah kombinasi dari kemampuan literasi, numerasi tingkat tinggi yang dimiliki oleh anak-anakku semua,” ucap Dirjen Jumeri.

Dalam laporannya, plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi menjelaskan ajang kompetisi KoPSI merupakan pengembangan dari kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang telah digelar sejak 2009. Sejalan dengan pemulihan Indonesia dari masa pandemi Covid-19, tema yang diangkat pada KoPSI tahun 2021 adalah Inovasi Potensi Lokal untuk Pemulihan Indonesia.

Terdapat tiga bidang ilmu yang dilombakan pada KoPSI 2021 yaitu Matematika, Sains, dan Teknologi (MST), Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR), serta Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH). Selain berkompetisi, pada rangkakaian KoPSI kali ini, Puspresnas juga menghadirkan beberapa narasumber untuk webinar di bidang penelitian.

“Workshop ini bertujuan untuk memberikan semangat pantang menyerah dan wawasan penelitian di masa pandemi khususnya bagi para finalis KoPSI yang diharapkan ke depannya akan menjadi peneliti muda Indonesia,” jelas Asep.

Sebagai bentuk apresiasi, kata Asep Sukmayadi, melalui Merdeka Belajar, tahun ini Kemendikbudristek memberikan  insentif  berupa beasiswa prestasi talenta. Tahun ini terdapat 17 para juara KoPSI baik nasional maupun internasional yang telah menerima beasiswa S1 dan S2 di dalam negeri.

“Selamat kepada adik-adik semua, ini tentu menjadi motivasi bagi adik-adik semua peserta KoPSI tahun ini untuk menunjukkan prestasinya dan raih kesempatan memperoleh beasiswa S1 dan S2 bahkan di luar negeri,” pungkas Asep. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post