Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Menjanjikan

Ilustrasi. Foto: pixabay.com/ wokandapix

Beberapa jurusan kuliah berikut punya peminatnya sedikit, tapi ternyata punya banyak peluang kerja.

JAKARTA, KABARE.ID -- Anak IPA dianggap punya prospek masa depan cerah jika mengambil jurusan Kedokteran. Sementara anak IPS punya pilihan untuk masuk jurusan Hukum, Ilmu Komunikasi atau Psikologi.

Sederet jurusan kuliah terbilang populer sebab dilihat menjanjikan prospek kerja dan masa depan cerah. Namun jika mau dilihat lebih jauh, sebenarnya ada jurusan-jurusan kuliah lain yang tak kalah menjanjikan.

Beberapa jurusan kuliah berikut bisa dibilang anti mainstream tetapi justru karena peminatnya sedikit, Anda bakal jadi salah satu talenta langka dengan segudang peluang kerja.

1. Teknik Perkapalan

Salah satu lagu masa kanak-kanak menyerukan bahwa nenek moyang orang Indonesia adalah pelaut. Oleh karenanya bekerja di bidang maritim sebenarnya bukan hal asing buat putra-putri Nusantara.

Akan tetapi, jurusan yang berhubungan dengan dunia maritim seperti Teknik Perkapalan tidak banyak mendapat sorotan. Padahal jurusan ini menjanjikan peluang karier di industri perkapalan nasional.

2. Sastra

Kuliah Sastra mau jadi apa? Pertanyaan soal masa depan setelah kuliah Sastra mungkin membuat sebagian calon mahasiswa memilih jurusan lain yang lebih menjanjikan.

Sederet jurusan Sastra seperti Rusia, Belanda, Prancis, China terbilang sedikit sekali peminat dibanding Inggris. Padahal semakin spesifik atau jarang bahasa yang dipilih, saingan di dunia kerja juga sedikit.

Anda akan berpeluang bekerja di Kementerian Luar Negeri, kantor kedutaan, penerjemah, interpreter atau bekerja di perusahaan multinasional.

3. Geofisika

Mendengarnya saja mungkin sudah bikin ciut nyali. Anak IPA dengan nilai Fisika pas-pasan mungkin berpikir dua kali untuk masuk jurusan Geofisika. Mungkin juga melihat unsur 'geo' pada Geofisika yang dihubungkan dengan Geografi, mata pelajaran anak IPS.

Padahal secara lebih luas, Geofisika akan mengajak orang untuk lebih memahami aspek fisik dan dinamik bumi, mendalami gejala alam termasuk mengukur dan mengumpulkan data, mitigasi bencana serta pemanfaatan sumber daya alam.

Lulusan jurusan Geofisika sangat dibutuhkan lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, BMKG, industri minyak bumi dan gas. (els/chs)

 

Sumber: CNN Indonesia

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post