Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Jalan-jalan ke Sumatera Barat, Siap-siap Terpukau dengan Pesona Lembah Harau

Foto: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Hampir setiap penjuru Tanah Minang ini seakan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat siapa pun berdecak kagum menyaksikan keindahannya. Salah satunya adalah Lembah Harau.

KABARE.ID - Sumatera Barat tak pernah habis menyajikan pesona alamnya. Hamparan sawah, tebing, gunung,  hingga perbukitan begitu mudah ditemukan di Tanah Minang. Sumatera Barat dan panorama alam yang memesona memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Tak percaya? Kamu bisa buktikan sendiri ketika mengunjungi Sumatera Barat. Hampir setiap penjuru Tanah Minang ini seakan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat siapa pun berdecak kagum menyaksikan keindahannya. Salah satunya adalah Lembah Harau, sebuah destinasi yang menyajikan pemandangan alam berupa dataran hijau luas yang dikelilingi tebing tinggi.

Lembah Harau adalah sebuah ngarai atau lembah dekat Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk mencapai kawasan ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 145 km dari pusat Kota Padang atau sekitar 15 km dari Kota Payakumbuh.

Meski cukup jauh dari pusat kota Padang, panorama alam Lembah Harau dijamin membuat kamu ingin kembali ke sana. Semakin penasaran dengan keindahan alam Lembah Harau? Berikut 5 pesona Lembah Harau yang wajib diketahui.

 1 | Menyajikan hamparan sawah yang diapit tebing-tebing

Memasuki kawasan Lembah Harau, kamu bisa langsung memanjakan mata dengan pemandangan indah berupa hamparan sawah yang diapit oleh tebing-tebing tinggi menjulang dengan ketinggian sekitar 100 hingga 200 meter.

 2 | Terdapat beberapa air terjun dengan beraneka ketinggian

Tak hanya  hamparan sawah dan tebing menjulang, pesona Lembah Harau semakin menawan dengan hiasan alam berupa air terjun dengan beraneka ketinggian. Ya, ada beberapa air terjun yang mengalir langsung dari puncak tebing dan siap menghipnotis dengan suara gemuruh airnya.

Setidaknya, ada lima air terjun yang menghiasi Lembah Harau, di antaranya Sarasah Boenta, Sarasah Talang, Aka Barayun, Sarasah Donat, dan Sarasah Murai. Ketinggian masing-masing air terjun berkisar antara 50 - 90 meter.

3 | Tempat terbaik untuk menghirup udara segar

Beraktivitas di kawasan Lembah Harau amatlah menyenangkan. Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekaligus menghirup segarnya udara pegunungan. Jika bermalam di kawasan Lembah Harau, pagi harinya kamu akan disambut dengan kabut dan hawa dingin.

Tak perlu khawatir jika ingin menginap di Lembah Harau. Sebab, sudah ada beberapa homestay yang menyediakan kamar dengan harga yang cukup bervariasi, mulai dari Rp300.000,- per malam.

 4 | Terdapat kawasan tematik untuk berfoto ria

Bagi kamu yang gemar berburu spot instagramable, Lembah Harau juga menyuguhkan beberapa titik lokasi untuk kawasan wisata dengan konsep tematik. Kamu tinggal memilih kawasan instagramable yang diinginkan, mulai dari kampung adat Minang, beberapa bangunan khas Eropa, serta bangunan khas Asia. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp5.000,- hingga Rp20.000,- per orang.

5 | Telah ditetapkan sebagai kawasan geopark

Saat ini, Lembah Harau telah menyandang status sebagai kawasan geopark alias taman geologi (taman bumi). Hal ini lantaran menurut penelitian, Lembah Harau terbentuk karena adanya patahan yang turun dan membentuk lembah yang cukup luas dan datar.

Bahkan, secara geologi, batuan di Lembah Harau sudah berusia sangat tua, yakni sekitar 30 juta – 40 juta tahun. Batuan berusia puluhan juta tahun itu sudah berbentuk sangat halus dan berupa serpihan dengan besar butiran sekitar 1/16 milimeter atau lebih kecil dari pasir. Batuan ini banyak mengandung organic carbon, yaitu batuan yang terbentuk dari sisa-sisa organisme.

Bagaimana?  Sangat unik dan memesona bukan, pemandangan alam dan kisah terbentuknya kawasan taman bumi Lembah Harau? Setelah ini, segera masukkan Lembah Harau ke daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi, ya. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post