Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Gohu, Kuliner Ikan Mentah ala Ternate

Gohu ikan khas Ternate. (Foto: Istimewa/ Tribunnews.com)

Gohu (kuliner ikan mentah) muncul dari racikan nelayan Ternate ketika pergi melaut. Nelayan yang pergi melaut selama berhari-hari akhirnya menemukan cara unik untuk mengkonsumsi ikan mentah saat melaut.

JAKARTA, KABARE.ID - Kalau di Jepang ada di sashimi (kuliner ikan mentah), di Indonesia ada Gohu Ikan. Kuliner satu ini biasa dihidangkan di Ternate, Maluku Utara. Dalam bahasa setempat, gohu berarti mengunyah sesuatu yang mentah.

Gohu ikan umumnya berbahan dasar daging ikan tuna atau cakalang segar. Cara membuatnya cukup mudah. Daging ikan dipotong menyerupai dadu, kemudian dilumuri jeruk cui dan garam untuk menghilangkan bau dan rasa amis. Terakhir daging ikan ditaburi tumisan bawang merah, cabai rawit, dan kenari.

Gohu ikan memiliki citarasa yang unik. Rasa asam segar, gurih dan sedikit manis bercampur dengan kenyalnya daging ikan segar. Makanan ini tidak hanya nikmat namun juga menyehatkan karena menggunakan 100% bahan alami.

Gohu ikan kemungkinan muncul dari kebiasaan nelayan Ternate yang pergi melaut selama berhari-hari. Karena itu pula mereka akhirnya menemukan cara unik untuk mengkonsumsi ikan mentah.

Selama melaut, para nelayan mengolah hasil tangkapan mereka menjadi bahan makanan. Mereka memakan mentah-mentah dengan tambahan bahan sederhana seperti cabai rawit dan bawang merah. Bahan-bahan gohu ikan relatif tak berubah selama ratusan tahun.

Perubahan pada gohu ikan hanya tampak dalam penyajian di restoran-restoran masa sekarang. Biasanya koki restoran akan menyiram minyak goreng panas ke daging ikan tuna atau cakalang. Sedangkan di hampir semua wilayah Ternate, gohu ikan disajikan tanpa minyak goreng panas.

Gohu ikan nikmat disantap dengan penganan khas Maluku lainnya seperti sagu, pisang rebus, keladi rebus, atau singkong rebus. Penasaran untuk mencobanya langsung? Anda bisa mencari makanan ini di Pasar Dufa-dufa dan Pasar Gamalama, Ternate. Di sana gohu ikan tersedia di beberapa warung sederhana. (*)

 

Sumber:  IndonesiaKaya.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post