Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Festival Desa Cikolelet Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata di Banten

Foto: Pemkab Serang

Desa Cikolelet memiliki pemandangan alam yang asri dengan berbagai seni tradisional yang masih lestari.

SERANG, KABARE.ID - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah membuka Festival Desa Wisata Cikolelet, Rabu (3/8/2022). Acara berlangsung mulai dari 3 sampai 31 Agustus ini bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata di Desa Cikolelet, Banten.

"Festival Desa Wisata Cikolelet ini yang kedua, sebelumnya pernah digelar sebelum pandemi. Sekarang baru dimulai lagi. Potensi di Desa Wisata Cikolelet ini luar biasa, dan masyarakatnya digerakan untuk mensukseskan acara ini," kata Ratu Tatu dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, acara ini bukan hanya sebatas seremonial saja. Namun juga dijadikan momentum untuk kebangkitan pariwisata di kawasan tersebut. Pasalnya Desa Cikolelet memiliki pemandangan alam yang asri dengan berbagai seni tradisional yang masih lestari di sana.

"Ada berbagai paket pariwisata, dan memanjakan wisatawan yang datang. Berbagai produk UMKM juga tersedia sebagai oleh-oleh," katanya.

Untuk desa wisata lainnya, Ia meminta kepada seluruh organisasi perangkat desa untuk mengembangkan desa wisata. Nantinya, Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat akan menjadi mentor untuk membimbing desa wisata lainnya.

"Pak Ojat harus menjadi mentor para kepala desa yang ingin maju. Agar seluruh desa bisa mandiri secara ekonomi. Jadi bisa menciptakan lapangan pekerjaan di desa. Desa maju dan sejahtera," katanya.

Sementara itu, Ojat Darojat mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk menghibur para wisatawan. Bahkan hampir setiap bulan ada sejumlah kegiatan seru seperti lomba tradisional egrang, bendrong lesung, congklak beregu, tarik tambang, dan panjat pinang. Selain itu ada pula pentas seni Rudat, Calung, dan Pencak Silat.

"Kami sajikan juga tradisi Prahprahan yang dilaksanakan setiap bulan Muharam," ujar Ojat.

Tak hanya Ojat menjelaskan untuk menggenjot potensi desa yang dipimpin olehnya, pihaknya turut menghadirkan lomba video konten kreatif dan parade band. Serta untuk meramaikan mereka turut mengundang sejumlah komunitas.

"Kemudian kami mengundang pencinta motocross. Sudah 500 peserta yang sudah mendaftar, bahkan ada dari Tangerang, Lampung, dan Yogyakarta. Jadi kami mengundang dari luar daerah," jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi mengatakan pihaknya siap bersinergi untuk memajukan pariwisata di lingkup Pemkab Serang dan mensukseskan Festival Desa Wisata Cikolelet.

"Nanti ada bantuan-bantuan untuk pengembangan desa wisata. Termasuk pengembangan homestay," tutup Al Hamidi. (ega/ega)

 

Sumber: Detik.com

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post