Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Deretan Spot Wisata di Sepanjang Jalur Pantai Selatan Pulau Jawa

Foto: Indonesia.travel

Buat kamu yang lagi on the way menuju kampung halaman, apalagi kalau lewat jalur mudik pantai selatan Pulau Jawa (Pansela), pas banget, nih. Di sepanjang jalur mudik yang membentang dari Jawa Barat hingga Jawa Timur ini ada sederetan destinasi wisata kece yang bisa dihampiri bersama keluarga.

KABARE.ID - Mudik Lebaran yang ditunggu-tunggu pasti harus berkesan kan? Ayo siapa di antara kamu dan keluarga yang sudah enggak sabar mudik atau bahkan sudah di perjalanan?

Nah, bagi kamu yang lagi on the way menuju kampung halaman, apalagi kalau lewat jalur mudik pantai selatan Pulau Jawa (Pansela), pas banget, nih. Di sepanjang jalur mudik yang membentang dari Jawa Barat hingga Jawa Timur ini ada sederetan destinasi wisata kece yang bisa dihampiri bersama keluarga. Mau tahu ada di mana saja? Mari kita ungkap di bahasan berikut.

1.  Kawah Putih - Bandung

Kamu yang sudah sering ke Bandung, pasti tahu dong sama destinasi serba putih yang satu ini. Terletak di Bandung Selatan, Kawah Putih terletak di jalur menuju Cianjur yang juga merupakan jalur Pansela.

Nah, enggak ada salahnya kamu beserta keluarga singgah dulu sebentar untuk menikmati ciamiknya destinasi populer di Kota Kembang ini. Soalnya, selain suasana kawah bekas gunung berapi yang diselimuti abu vulkanik berwarna putih, air kawah yang bisa berubah warna, ada juga Skywalk Cantigi atau jembatan bambu yang menanjak menuju ke Bukit Sunan Ibu, dan dermaga kayu tepi danau untuk spot foto. Keren, kan?

Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB.

Alamat: Jl. Ciwidey - Patenggang KM.11, Desa Alamendah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Telpon: (+62) 812 2006 8486

2.  Green Canyon - Pangandaran

Siapa bilang kalau Green Canyon cuman ada di Amerika Serikat? #DiIndonesiaAja juga ada Green Canyon yang terletak di destinasi wisata favorit Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran.

Kamu yang melalui Jalur Pansela pasti akan melewati Green Canyon Pangandaran ini. Jadi pas deh, bisa sekalian mampir untuk istirahat sekaligus menyegarkan pikiran dengan suguhan pesona alam aliran sungai yang diapit dua bukit bebatuan hijau yang menembus goa. Banyak juga wisatawan yang suka body rafting saat menyusuri sungai ini, karena bikin badan segar lho!

Jam Buka: Sabtu-Kamis 08.00 - 16.00 WIB, Jumat 13.00 - 16.00 WIB

Alamat: Jalan Raya Cijulang, Dusun. Karangpaci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

Telpon: (+62) 815-4666-558

3.  Kemit Forest - Cilacap

Berlanjut masuk perbatasan Jawa Tengah, kamu wajib mampir ke hutan wisata yang seru habis, yaitu Kemit Forest. Hutan pinus kekinian di Jawa Tengah ini menjadi viral di antara kaula muda karena lokasinya yang instagramable, karena ada banyak payung hias yang digantung di pohon-pohon pinusnya.

Kalau kamu bawa si kecil selama perjalanan mudik, beragam wahana seru siap menghibur di sini, seperti swing shakers, flying fox, panahan, paintball, titian tali, kereta anak, dan masih banyak lagi. Spot fotonya pun kece-kece, seperti ayun gantung, Cafe Geong, sepeda udara, dan De` lounge.

Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB

Alamat: Jalan Srikaya Karanggedang, Karanganyar, Kec. Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Telpon: (+62) 823-2334-3883.

4.  Bukit Bego - Yogyakarta

Masuk ke wilayah Kota Gudeg, kamu bisa beristirahat sebentar dengan mendapat asupan energi alam di Bukit Bego. Dulunya, bukit ini merupakan tambang tanah, namun kini jadi bukit yang instagenik karena ada ikon patung semar, atau patung seorang pria gemuk berpakaian adat Jawa.

Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat perbukitan hijau nan luas sejauh mata memandang. Beberapa kedai makanan pun tersedia di kaki bukit sehingga bisa jadi tempat mengisi perut yang sedang rehat.

Alamat: Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5.  Pantai Gemah - Tulungagung

Perlu asupan vitamin sea dalam perjalanan? Yuk, mampir dulu di Pantai Gemah yang ciamik. Pantai ini jadi favorit banyak wisatawan karena selain air laut biru yang jernih untuk bermain air, ombak yang tenang, pasir pantai yang cokelat, dan hutan pinus yang mengelilingi.

Di pantai ini juga ada spot foto yang oke banget, yaitu tumpukan batu karang dengan tulisan “Pantai Gemah”. Harga tiket masuk yang murah meriah, beragam wahana yang bisa dicoba seperti motor trail, jet ski, banana boat, dan masih banyak lainnya, menjadikan destinasi ini cocok untuk persinggahan mudik.

Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB

Alamat: Pantai gemah, Soireng, Keboireng, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Telepon: (+62) 812-3304-9296

6.  Air Terjun Tumpak Sewu - Lumajang

Ini dia nih pemberhentian terakhir  yang fresh bagi kamu yang mudik sampai ke Jawa Timur melalui Jalur Pansela. Iya, Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang ini punya pesona yang enggak perlu diragukan lagi. Banyak sekali fotografer dan videografer yang berburu menangkap potret dari air terjun bak tirai air yang besar ini.

Disebut juga Niagara Indonesia, air terjun ini menjulang tinggi dan puncaknya bisa kamu lihat dari atas teras buatan. Hutan hijau yang menyelimuti air terjun ini menciptakan suasana sejuk dan serasa kembali ke alam. Wajib mampir ke sini nih!

Jam Buka: 07.00 - 15.00 WIB

Alamat: Kampung Siji, Jl. Raya Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Telpon: (+62) 813-3406-1395

Sudah dicatat kan bucket list destinasi yang akan jadi pemberhentian di perjalanan mudik Jalur Pansela? Sebelum berangkat, yuk cek dulu tipsnya dan beli juga oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman ya. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post