Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Berwisata ke Samudra Awan di Desa Wisata Ranupani Lumajang

Foto: Kemenparekraf RI

Desa Ranupani yang berlokasi di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memiliki tiga danau terkenal yang super cantik, yaitu Danau Ranupani, Danau Ranu Regulo, dan Danau Ranu Kumbolo.

LUMAJANG, KABARE.ID - Soal urusan keindahan lanskap alam, asrinya berbagai daerah di Indonesia emang paling juara, misalnya deretan danau-danau eksotis yang bikin takjub. Tapi, bukan cuma Danau Toba di Sumatera Utara aja lho, karena di Pulau Jawa juga kamu bisa menikmati danau yang tak kalah ciamik, yaitu Danau Ranupani atau  juga biasa dikenal dengan sebutan Danau Ranu Pane. Danau ini terletak di Desa Wisata Ranupani yang merupakan salah desa wisata unggulan di Lumajang, Jawa Timur.

Apa yang spesial dari Desa Wisata Ranupani?

Buat kamu yang mau menyegarkan pikiran, Desa Wisata Ranupani merupakan tempat ideal untuk didatangi. Pasalnya, desa yang berlokasi di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini memiliki tiga danau terkenal yang super cantik, yaitu Danau Ranupani, Danau Ranu Regulo, dan Danau Ranu Kumbolo. Karena wilayah Desa Wisata Ranupani termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, alhasil eksotisme lanskap alamnya pun sangat memesona.

Biar enggak penasaran, yuk cari tahu keseruan apa saja yang bisa dinikmati di sini.

1. Nikmati perjalanan seru dengan mobil Jeep
Nah, ada salah satu pilihan transportasi paling seru yang bisa kamu coba saat ingin berkunjung ke Desa Wisata Ranupani, yaitu naik mobil Jeep. Mengusung konsep layaknya wisata off-road, beberapa warga lokal banyak yang menyediakan penyewaan mobil ini dengan titik awal keberangkatan di via Tumpang-Malang. Wah, seru banget buat jadi agenda bareng keluarga atau kerabat, nih.

2. Bersantai sekitar Danau Ranupani yang asri
Berada di lereng Gunung Semeru, sejuknya udara di Desa Wisata Ranupani dijamin akan bikin kamu betah. Mulai dari berfoto ria berlatar pepohonan hijau yang asri, mengadakan piknik sederhana dengan orang-orang tercinta, sampai meditasi, semua bisa dicoba. Jika ingin lebih nyaman, kamu bisa memasang tenda dan menikmati heningnya suasana di danau seluas kurang lebih 0.75 hektare tersebut.

3. Mengitari desa dengan berkuda
Setelah puas menjajal jalur offroad dengan mobil Jeep dan bersantai ria di dekat danau, kini waktunya berkeliling desa dengan berkuda. Masyarakat Suku Tengger di desa wisata ini memang terkenal dengan kegiatan berkuda yang menjadi ‘transportasi’ sehari-hari. Aktivitas berkuda ini bisa dilakukan baik untuk orang dewasa dan juga anak-anak lho, karena akan ada pendamping yang akan memberi pengawasan.

4. Mempelajari adat suku Tengger langsung ke warga lokal
Kamu tahu enggak, sih? Meski didominasi pemeluk agama Hindu, namun keberagaman suku dan budaya di wilayah Ranupani terasa sangat harmonis, lho. Yang kerennya lagi, warga lokal juga memegang teguh ajaran leluhur, salah satunya ialah welas asih pepitu yang diterapkan lewat cinta kasih pada tanaman atau tumbuh-tumbuhan. Ada juga tradisi/budaya simpul sarung bermakna dan membedakan para wanita yang memakainya, antara lain gadis, bersuami, janda, atau wanita hamil. Wah, unik banget ya.

5. Menantang adrenalin di jalur pendakian Gunung Semeru yang menakjubkan
Mau coba wisata alam yang lebih menantang adrenalin? Kamu wajib mendaki Gunung Semeru dari Desa Wisata Ranupani yang memang merupakan jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa. Sepanjang perjalanan berjarak 20 km itu kamu akan melewati Danau Ranukumbolo, Tanjakan Cinta, hingga Cemoro Kandang yang sayang bila tidak diabadikan. Dari Puncak Mahameru, keindahan bentangan hijau Pulau Jawa bakal bikin kamu serasa berwisata di Samudra Awan.

Supaya tetap nyaman saat berkegiatan atau liburan, pastikan juga tetap mematuhi protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun berada. Buat yang belum vaksinasi Covid-19, yuk segera vaksinasi untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post