Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Bandung Kuliner “Lautan Aci”

Foto: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Saking banyaknya penjual makanan yang menggunakan bahan aci, kota yang sudah lebih dulu dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api, sekarang juga sudah menjadi “lautan aci”.

KABARE.ID - Kota Bandung masih menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi. Selain karena wisata alam dan pusat industri kreatifnya, ragam kuliner yang ditawarkan juga selalu membuatmu ingin kembali ke sana.

Nah, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan khas Bandung satu ini. Jajanan street food berbahan dasar aci atau tepung tapioka ini memang banyak sekali ditemui di jalanan sekitar Bandung. Saking banyaknya, kota yang sudah lebih dulu dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api, sekarang juga sudah menjadi “lautan aci”.

Banyak sekali jajanan yang terbuat dari olahan aci. Berikut ini rekomendasi jajanan olahan aci yang wajib untuk dicoba saat kamu berada di Bandung.

1 | Kehangatan Semangkuk Bakso Aci

Kamu mungkin sudah terbiasa makan bakso daging. Namun jika sedang berada di Bandung tidak ada salahnya mencoba bakso aci. Semangkuk bakso yang terbuat dari aci ini disajikan bersama kuah hangat yang gurih. Dilengkapi dengan taburan kacang sukro di atasnya memberikan sensasi krenyes-krenyes ketika dimakan. Kalau kamu suka pedas, bisa tambahkan sambal khas maka cita rasanya akan semakin menggigit.

Menariknya, aneka pelengkap menu bakso aci bisa dipilih sesuai selera, lho! seperti ceker ayam, cuankie, cuankie tahu, hingga daging tetelan. Semakin lengkap menu yang kamu pilih, semakin lengkap pula kenikmatan yang kamu dapatkan.

Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati bakso aci, salah satunya adalah Bakso Aci Masjay yang terkenal di Bandung. Ruang makannya memiliki konsep estetik namun tetap nyaman dengan kapasitas hingga 50 orang. Untuk menikmati satu porsi bakso aci, kamu cukup membayar seharga Rp20.000-an saja.

 2 | Gurih Legit Cireng Bandung

Siapa yang tidak kenal cireng? Ya, jajanan satu ini tentu sudah tidak asing lagi karena dapat ditemukan di mana-mana. Walaupun begitu, cireng di Bandung berbeda lho dengan cireng di daerah lain. Adonan aci yang kemudian digoreng ini punya keunikan berkat isiannya. Di dalam adonannya, terdapat isian bumbu kacang bercita rasa sedikit pedas dan gurih. Ketika dimakan, akan memberikan kenikmatan tersendiri, garing, dan kenyal.

Asyiknya lagi, kamu juga bisa membeli cireng dalam keadaan mentah. Tidak perlu khawatir basi, karena cireng sudah melalui proses pembekuan, tinggal digoreng saat ingin disajikan. Sepiring cireng panas akan semakin lengkap ditemani dengan kopi hangat sembari berkumpul bersama kerabat di tengah dinginnya udara Bandung.

Cireng Cipaganti merupakan salah satu warung kaki lima terkenal dan legendaris di Bandung. Bukan tanpa alasan warga Bandung menyebutnya legendaris, karena Cireng Cipaganti sudah ada sejak 1990 dan hingga saat ini tetap menyuguhkan rasa cireng yang autentik. Cireng Cipaganti tersedia dalam berbagai varian rasa,  seperti rasa sambal kacang, keju, abon, sosis, serta kornet yang rata-rata dibanderol seharga Rp20.000-an per 10 pcs.

 3 | Kenikmatan Cilok di Setiap Colokan

Dari namanya, cilok merupakan singkatan dari aci dicolok yang dalam bahasa Sunda berarti ditusuk. Penamaan ini sesuai dengan cara makannya yakni ditusuk menggunakan tusukan sebesar tusuk sate. Cilok terbuat dari adonan aci yang dicampur dengan air kemudian diaduk hingga menjadi adonan yang lentur dan liat. Setelahnya, adonan dibentuk bulat seperti bakso, direbus baru kemudian dikukus.

Dalam penyajiannya, seporsi cilok dikombinasikan dengan saus kacang. Berkat kombinasi ini, cilok jadi salah satu camilan favorit karena ketika disajikan dalam keadaan hangat membaur dengan gurih pedasnya saus kacang khas Bandung.

Jika menyusuri Kota Bandung, pasti kamu sering melihat penjual cilok yang berjualan di pinggir jalan. Cilok Laswi Sari Rasa bisa menjadi salah satu pilihan kalau kamu ingin menyantap cilok yang paling legendaris di Bandung. Walaupun hanya dijajakan di gerobak sederhana, cita rasanya tidak perlu diragukan. Kedai Cilok Laswi Sari Rasa terletak di jalan Laswi No.51, buka dari pukul 16.00 WIB hingga habis.

 4 | Cimol, Camilan Kaya Rasa

Walau sekilas hampir mirip dengan cilok, cimol memiliki perbedaan mulai dari proses hingga penyajian. Camilan ini merupakan perpaduan dari cireng dan cilok di mana adonan aci dibentuk bulat-bulat kecil kemudian digoreng. Cara makannya ditusuk dengan tusukan seperti cilok.

Dari semua makanan olahan aci, cimol inilah yang paling kaya rasa. Di setiap penyajiannya, cimol dicampur dengan aneka bumbu perasa. Kalau kamu suka pedas, bisa memesan dengan bumbu yang menggunakan cabai kering kemudian diolah dengan bumbu lainnya sehingga hasilkan rasa pedas gurih yang nikmat.

Nah, sekarang sedang marak juga olahan cimol yang dimodifikasi dengan diberi isian keju mozzarella. Perpaduan kenyal cimol beradu dengan gurihnya keju kian menambah kenikmatan. Tidak sulit menemukan pedagang cimol di Bandung, karena penikmat cimol memang banyak sekali. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post