Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Asal-usul Nama 'Hamburger', Makanan yang Disukai Hampir Semua Orang

Foto: pixabay.com

Hamburger menjadi makanan yang disukai hampir semua orang. Namun pernahkah kamu bertanya dari mana dan apa arti kata hamburger?

JAKARTA, KABARE.ID - Hamburger menjadi makanan sejuta umat yang disukai hampir semua orang. Anak-anak, remaja hingga dewasa menyukai roti bun yang dilapisi sayuran, tomat, dan daging giling ini.

Namun, mungkin saja pernah terlintas dalam pikiran Anda saat menyantap satu tangkup burger, kira-kira dari mana makanan lezat ini berasal? Mengapa diberi nama 'hamburger' padahal di dalamnya tak ditemukan sepotong pun daging ham.

Asal-usul Nama 'Hamburger'

Ketika orang Eropa bermigrasi ke Amerika Serikat secara massal pada abad ke-18 dan ke-19, mereka membawa serta makanan favorit mereka, termasuk steak hamburg. Nama terakhir merupakan roti goreng dari daging sapi cincang dan bawang cincang yang diikat bersama dengan telur, remah roti, dan rempah-rempah ringan.

Menukil laman U.S Department of Agriculture, nama 'hamburger' berasal dari kota pelabuhan Hamburg, Jerman. Burger yang kita kenal sekarang berevolusi dari steak Hamburg.

Nama hidangan Jerman itu disingkat menjadi 'hamburgs'. Kemudian, ketika daging sapi itu akhirnya diapit di antara dua potong roti, namanya pun menjadi 'hamburger'.

Beberapa sumber mengklaim kata 'hamburger' pertama kali muncul di menu pada tahun 1873, ketika restoran Delmonico di New York City mengiklankan steak hamburger. Tidak lama setelah itu, orang Amerika kemudian menyingkatnya menjadi 'burger'.

Mengapa Burger Bukan Sandwich?

Meski sama-sama menyajikan daging di antara dua tumpukan roti, burger dan sandwich adalah dua sajian yang berbeda.

Dikutip dari The Healthy, ada banyak perbedaan halus di antara keduanya. Misalnya saja jenis roti yang digunakan dan cara memotong roti untuk kedua jenis makanan ini. Isian pendampingnya juga membuat perbedaan yang cukup menonjol untuk kedua makanan ini.

Burger akan selalu berisi satu atau lebih daging dan sayuran, serta akan selalu berbentuk lingkaran. (tst/asr)

 

Sumber: CNN Indonesia

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post