Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

9 Taman Nasional di Indonesia yang Punya Sederet Hewan Langka

Foto: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Indonesia memang terkenal akan keberagaman flora dan faunanya. Variabilitasnya pun jauh lebih tinggi dibandingkan negara lain yang memiliki iklim tropis.

KABARE.ID - Untuk persebaran faunanya sendiri, negara kita terbagi menjadi tiga kawasan, yaitu fauna Asiatis yang mencakup Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali (bagian barat), fauna Australis melingkupi wilayah Papua dan Kepulauan Aru (bagian timur), serta fauna Peralihan meliputi Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Wah, ada banyak banget, ya! Masing-masing fauna ini dilindungi di taman-taman nasional yang tersebar di seluruh nusantara. Nah, kira-kira kamu mau kenalan nggak sama hewan endemik ini di taman-taman nasional berikut? Yuk, simak daftar berikut ya.

1.    Taman Nasional Way Kambas

ingin kenalan sama si gagah gajah Sumatra? Kunjungi saja Taman Nasional Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Selain sebagai pusat konservasi gajah Sumatra, taman nasional ini juga melestarikan fauna khas Sumatra lainnya seperti tapir, enam jenis primata, kijang, harimau Sumatra, beruang madu, serta badak Sumatra.

Selain mengunjungi satwa-satwa unik, kamu juga bisa menaiki perahu motor di sepanjang sungai di taman nasional untuk melihat kehidupan asli fauna tersebut. Seru banget ya!

2.    Taman Nasional Ujung Kulon

Siapa yang pengin ketemu sama fauna khas Banten, badak Jawa? Mari mampir ke ujung barat Pulau Jawa, Taman Nasional Ujung Kulon.

Terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, taman ini berlokasi sangat strategis dan memiliki ratusan flora dan fauna. Di antara 608 spesies fauna, dan hewan ikoniknya, badak Jawa, terdapat pula fauna khas seperti owa Jawa, surili, dan anjing hutan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sejumlah obyek wisata seperti padang rumput, pantai, gugusan pulau, serta sumber air panas. Wah, kayaknya bakal seru banget nih kalau ke sana ya!

3.    Taman Nasional Baluran

Ada yang tahu Afrika-nya pulau Jawa? Nah, jawabannya ada di Taman Nasional Baluran yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Di taman ini membentang area sabana yang sangat luas, bahkan terluas di pulau Jawa. Saat musim hujan, area sabananya begitu hijau sementara saat musim kemarau, terlihat tandus, enggak heran dapat julukan “Little Africa Van Java”.

Hewan ikonik dari taman ini adalah banteng Jawa, bersama dengan 25 jenis mamalia lainnya seperti kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Nah, kalau kamu mau merasakan suasana seperti di Afrika, datang ke taman ini adalah pilihan tepat.

4.    Taman Nasional Alas Purwo

Di taman nasional yang satu ini, kamu bisa ketemu sama si perkasa macan tutul Jawa. Ya, macan ini menolak punah dan bersemayam di Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Macan tutul bersama dengan 50 jenis mamalia lainnya menempati 6 ekosistem, yaitu hutan bambu yang mendominasi, hutan pantai, hutan bakau, hutan alam, hutan tanaman dan padang rumput. Selain obyek wisata  alam, ada yang unik di taman ini, yaitu ada sebuah pura tua yang sering dipakai untuk ritual adat. Menarik banget ya!

5.    Taman Nasional Tanjung Puting

Mari kita sapa orangutan di ibu kotanya, yaitu di Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dijuluki ibu kota orangutan di dunia karena di sinilah pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia dengan wilayah seluas 300.000 hektare.

Kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana kehidupan dan rehabilitasi para orangutan ini saat habitat aslinya terancam, seperti ada kebakaran hutan atau penebangan liar. Selain itu, ada beragam obyek wisata lainnya seperti menikmati indahnya sunset di Sungai Sekonyer. Kalau jalan-jalan ke Kalimantan, wajib mampir ke taman ini, ya!

6.    Taman Nasional Bunaken

Mau lihat kemegahan laut Indonesia yang mendunia? Ayo intip wisata bahari di Taman Laut Nasional Bunaken, yang terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Kalau kamu mencoba wisata selam di sini, pasti terpesona dan selalu rindu ingin kembali!

Dengan lokasi strategis di Segitiga Terumbu Karang, taman ini menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan spesies hewan laut seperti penyu sisik. Taman ini juga menjadi perwakilan ekosistem laut Indonesia, seperti ekosistem rumput laut, terumbu karang dan pantai.

7.    Taman Nasional Bali Barat

Berkunjung ke Pulau Dewata enggak cuman wisata belanja atau budaya saja, tapi juga ada wisata flora dan faunanya, lho! Salah satunya adalah Taman Nasional Bali Barat yang terletak di ujung barat Pulau Bali.

Di taman ini, kamu bisa bertemu dengan fauna khas Bali, yaitu burung curik atau lebih dikenal dengan sebutan si jalak Bali. Taman ini merupakan habitat asli dan tempat penangkaran si jalak Bali, yang sering muncul bergerombol. Bertamasya di taman ini enggak lengkap kalau belum menjelajahi pesona habitat satwa langka selain jalak Bali, sambil mampir juga ke pura maupun atraksi wisata  yang ada di sekitar sini.

8.    Taman Nasional Komodo

Sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara tentang satu-satunya habitat asli Komodo, reptil karnivora purba dan langka yang hanya ada di Indonesia. Di mana lagi kalau bukan di Taman Nasional Komodo, yang terletak di gugusan kepulauan indah di dekat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dengan luas sebesar 2.321 km2, taman ini memang difungsikan khusus sebagai habitat perlindungan komodo. Saat ini, terdapat kurang lebih 2.500 ekor komodo yang hidup bersama 28 jenis burung serta ribuan spesies lainnya. Kalau kamu mau berinteraksi dengan komodo, pastikan untuk mengikuti arahan dari pemandu wisata setempat, ya!

9.    Taman Nasional Wasur

Jalan-jalan ke penghujung timur Indonesia, wajib mampir ke Taman Nasional Wasur yang terletak di Kabupaten Merauke, Papua. Di taman ini, kamu bisa menyapa fauna ikoniknya seperti burung kasuari yang indah dan sepupunya kanguru, walabi. Selain kedua fauna tersebut, ada juga fauna unik lainnya seperti burung dara mahkota, cendrawasih raja, dan cendrawasih merah.

Taman dengan luas sebesar 413.810 hektare ini juga memiliki hutan sabana terluas di Asia, lho! Makanya, kamu nggak boleh lewatin taman ini kalau berkunjung ke Papua ya!

Ternyata keragaman fauna di Indonesia terjaga dengan baik di taman-taman nasional di atas ya. Nah, kamu bisa juga turut mendukung keberadaan hewan-hewan langka ini dengan mengunjunginya di pusat konservasi taman nasional tersebut.

 

Sumber: Indonesia.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post