Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

9 Daftar Es Krim Legendaris di Indonesia

Gambar oleh kerdkanno/pixabay.com

Momen spesial yang paling ditunggu-tunggu saat bulan suci Ramadan adalah saat berbuka puasa. Bener nggak? Apalagi, buka puasanya dengan yang segar-segar dan manis-manis, seperti es krim.

JAKARTA, KABARE.ID - Momen spesial yang paling ditunggu-tunggu saat bulan suci Ramadan adalah saat berbuka puasa. Bener nggak? Apalagi, buka puasanya dengan yang segar-segar dan manis-manis, seperti es krim.

Dikutip dari laman Pegipegi, Rabu (20/4/2022) berikut rekomendasi kedai es krim legendaris di Indonesia yang pas banget jadi menu buka puasa.

Nah, bagi kamu warga Kota Jakarta, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, dan sekitarnya yang tertarik dengan ide ini, coba kunjungi deretan kedai es krim legendaris berikut, ya.

Sumber: IG @ragusa.jkt

Jakarta

1. Ragusa

Kedai es krim Ragusa telah ada sejak tahun 1932 dan didirikan oleh Ragusa bersaudara. Yaitu Luigi Ragusa dan Vincenzo Ragusa, keduanya merupakan warga asli Italia. Tapi, sekarang kedai tersebut dikelola oleh orang Indonesia. Dikarenakan Ragusa bersaudara berencana kembali ke kampung halamannya, Italia, mereka akhirnya memberikan kedai kepada salah satu karyawan setianya yang bernama Guntoro. Guntoro bersama istrinya, Hj. Sias, mengelola kedai es krim hingga sekarang. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai varian menu seperti banana split, spaghetti ice cream, tutti frutti, dan cassata siciliana.

Alamat: Jalan Veteran I, Gambir, Jakarta Pusat

Harga: sekitar Rp15-35 ribu* per porsi

Ilustrasi, sumber: Ritae dari Pixabay

2. Es Krim Tjan Njan

Kedai es krim legendaris lainnya adalah es krim Tjan Njan yang didirikan sejak tahun 1951. Dulunya kedai es krim ini menjadi langganan Presiden Soekarno. Beliau kerap mengunjungi beserta keluarganya, loh. Sekarang kedai es krim Tjan Njan sudah nggak punya kios. Tapi, bagi kamu yang masih ingin mencicipi es krim legendaris ini, bisa menemukannya di lobby Hotel Cikini. Kamu hanya perlu order ke resepsionis hotel. Beberapa rekomendasi rasa es krim favorit seperti es kopyor, durian, tape ketan, hingga malaga (kurma dan susu).

Alamat: Jalan Cikini Raya Nomor 48-50, Cikini, Kecamatan Menteng, DKI Jakarta

Harga mulai dari Rp15 ribu* per cup

Ilustrasi, sumber: Piriyonel dari Pexels

3. Baltic

Nggak jauh dari lokasi es krim Tjan Njan di Hotel Cikini, ada kedai es krim Baltic. Kedai es krim ini bak melintasi zaman karena telah berdiri sejak 1939! Untuk mempertahankan orisinalitas, es krim Baltic masih menggunakan resep yang sama. Ciri khasnya adalah memiliki penampilan yang menyerupai kue. Ketika pertama menggigit es krim, kamu akan merasakan sensasi renyah di mulut tapi lumer dan lembut di dalam. Di sini, kamu bisa memilih varian es krim sesuai selera, stik atau cup. Rekomendasi rasa yang bisa kamu pesan antara lain alpukat, peanut butter, cokelat, mocca, dan kopyor.

Alamat: Jalan Kramat Raya Nomor 10-12, Jakarta Pusat

Harga mulai dari Rp6 Ribu* per stik/cup

ilustrasi, sumber: Jéshoots dari Pexels

4.Tropik

Menjadi salah satu kedai es krim legendaris di Jakarta, es krim Tropik didirikan sejak tahun 1950-an oleh Hartono. Sekarang ini, kedai es krim ini dikelola oleh putrinya yang bernama Mayti Imelda. Dulunya, kedai es krim Tropik hanya menjual es krim saja. Namun sekarang kamu bisa memesan beragam menu, mulai dari makanan khas Indonesia dan Tionghoa. Seperti mie yamin, laksa, dan mie pangsit. Varian menu es krimnya mencakup tutty frutty, snow white, dan three frutty.

Alamat: Jalan Pasar Baru No. 28 A, Pasar Baru, Jakarta Pusat

Harga mulai dari Rp23 ribu* per porsi

Sumber: IG @milkbyartemy

Yogyakarta

5. Artemy Italian Gelato

Disebut-sebut sebagai pionir es krim Italia di Jogja, Artemy italian Gelato menyediakan 24 varian rasa gelato. Teksturnya lembut, lumer di mulut, dan manisnya pas. Pilihan rasa favorit yang bisa kamu nikmati seperti black forest, dark choco, nutella, mocha choco chip, hingga brownies almond. Nggak hanya gelato, kedai es krim ini juga menawarkan berbagai varian menu. Di antaranya aneka dessert, doffle, dan cookies. Walaupun tempatnya minimalis tapi vibesnya cozy banget.

Alamat: Jalan Kranggan Nomor 58, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

Harga mulai dari Rp11 ribuan* per porsi

Sumber: IG @tempogelato

6. Tempo Gelato

Meski Tempo Gelato terbilang ‘baru’ dibanding Artemy Italian Gelato, tapi popularitasnya nggak bisa diremehkan. Kedai es krim ini terbilang sangat populer di kalangan warga dalam dan luar Jogja. Interior desainnya mengusung gaya Eropa dan ambience-nya yang cozy membuat para pelanggan betah berlama-lama. Banyak varian rasa gelato yang bisa kamu pilih. Ada oreo, spicy chocolate, coconut, matcha tea, nutella, yoghurt, tiramisu, praline, banana chocolate, white chocolate, coffee caramel, hingga rasa kemangi! Cabangnya tersebar di seluruh Jogja, di antaranya di Jalan Taman Siswa, Prawirotaman, dan Kaliurang.

Alamat: Jalan Taman Siswa Nomor 54, Wirogunan,  Mergangsan, Yogyakarta

Harga mulai dari Rp20 ribu* per porsi

Sumber: IG @neweskrimtentrem

Solo

7. Es Krim Tentrem

Kedai es krim Tentrem merupakan kedai es krim tertua di Kota Solo yang didirikan sejak tahun 1953. Daya tarik kedai es krim ini adalah masih mempertahankan proses buatan rumahan atau homemade dengan cita rasa yang nggak kalah dari es krim modern lain. Bahan yang digunakan masih menggunakan bahan alami tanpa pengawet. Menu yang ditawarkan cukup beragam dan unik, seperti es krim tumpeng sari, banana split, es dewa mabuk, es pelangi, hingga es kopyor. Topping-nya juga bisa dipilih sesuai selera, ada wafer cokelat, wafer roll, dan choco chips.

Alamat: Jalan Slamet Riyadi No. 132 Solo, Jawa Tengah

Harga mulai dari Rp15 ribu* (belum termasuk pajak)

Sumber: IG @tokooen

Semarang

8. Toko Oen

Kedai es krim Oen didirikan pada tahun 1922 oleh seorang warga keturunan Tionghoa – Belanda yang bernama Liem Goe Nio. Toko Oen pertama kali didirikan di Kota Yogyakarta hingga akhirnya memiliki tiga gerai di kota besar; Semarang, Jakarta, dan Malang. Tapi saat ini, gerai toko di Jogja dan Jakarta sudah tutup dan menyisakan dua gerai di Semarang dan Malang. Sementara, Toko Oen di Semarang sekarang sudah disulap menjadi sebuah restoran yang nggak hanya menyajikan es krim saja, melainkan kue kering, makanan Nusantara, dan aneka cookies. Supaya mempertahankan originalitas, proses pembuatan es krimnya masih menggunakan teknik tradisional. Jika kamu berkunjung ke sini, pastikan untuk mencoba es krim legendarisnya, ya.

Alamat: Jalan Pemuda Nomor 52, Bangunharjo, Kota Semarang

Harga mulai dari Rp25 ribu* per porsi

Sumber: IG @zangrandi.Icecrea

Surabaya

9. Zangrandi

Masuk ke dalam deretan kedai es krim tertua di Indonesia, Zangrandi, didirikan sejak tahun 1930. Kedai es krim Zangrandi dibangun dan diracik oleh seorang warga berkebangsaan Italia bernama Roberto Zangrandi. Pada era kolonial Belanda, kedai es krim Zangrandi menjadi tempat mencicipi es krim dari seluruh lapisan masyarakat. Sekarang, kedai es krim ini nggak lagi dikelola oleh Roberto Zangrandi melainkan orang lokal. Rasa es krim recommended yang bisa kamu pilih antara lain es krim soda, tutti frutti, macedonia, durian, dan banana split.

Alamat: Jalan Yos Sudarso Nomor 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Harga: mulai dari Rp30 ribu* per porsi

Itu dia sembilan kedai es krim legendaris di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi menu buka puasa kamu. Selain rasanya nyegerin dan manis, kedai-kedai es krim di atas juga memiliki sejarah panjang yang patut diapresiasi. (*)

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post