Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

7 Langkah Mudah Menghentikan Kecanduan Gula

Foto: pixabay.com

Kecanduan gula bisa terjadi pada siapa saja. Jika dipelihara, jenis kecanduan ini bisa memicu masalah kesehatan.

Jakarta, KABARE.ID - Kecanduan gula umumnya terjadi saat seseorang menginginkan makanan atau minuman manis yang lebih banyak usai mengunyah camilan yang manis. Jika Anda salah satunya, maka Anda perlu berhati-hati.

Mengidam sedikit makanan manis tak ada salahnya. Namun, terlalu banyak asupan makanan atau minuman manis bisa memicu banyak masalah kesehatan, mulai dari obesitas hingga penyakit jantung.

Untuk itu, Anda perlu segera menghentikan kecanduan gula yang dialami sebelum terlambat. Berikut beberapa caranya, mengutip berbagai sumber.

1. Perbanyak waktu tidur

Banyak yang tak menyadari bahwa tidur nyenyak dapat memengaruhi keinginan seseorang untuk mengonsumsi gula. Mengutip Real Simple, sebelum penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi permen. Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

2. Sarapan kaya protein

Penelitian menemukan, menu sarapan kaya protein dapat menurunkan aktivitas di daerah otak yang terkait dengan kecanduan, termasuk gula.

3. Makan buah

Ketika mengidam gula, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah kaya akan serat dan nutrisi, bersama dengan rasa manis dari kandungan fruktosa.

4. Minum banyak air

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi kecanduan gula adalah dengan minum lebih banyak air. Air adalah pengganti yang sangat baik untuk minuman lain dan membantu perasaan kenyang, yang dapat mencegah seseorang untuk mengonsumsi makanan manis. Dalam sebuah penelitian, orang yang meningkatkan asupan air harian mereka berhasil mengurangi asupan gula harian mereka.

5. Camil makanan sehat ketika lapar

Penting untuk menyadari bahwa keinginan untuk mengunyah tak sama dengan rasa lapar. Dalam kondisi itu, rasa lapar tak muncul dari tubuh yang membutuhkan energi, tapi dari otak. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi pilihan makanan sehat, alih-alih camilan manis.

6. Mandi air hangat

Beberapa orang yang kerap mengidap asupan makanan atau minuman manis mengaku keinginannya menurun setelah mandi atau berendam air hangat. Efek ini muncul dari rasa nyaman yang diberikan air hangat.

7. Olahraga

Olahraga seperti jalan kaki cepat atau joging dapat membantu menjauhkan diri Anda dari keinginan ngemil. Olahraga akan melepaskan endorfin yang dapat membantu mengusir kecanduan. (del/asr)

 

Sumber: CNN Indonesia

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post