Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

7 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia

Foto: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Sebagai negara beriklim tropis yang dianugrahi bentangan alam asri, Indonesia memiliki sejumlah hewan langka. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

KABARE.ID - Sebagai negara beriklim tropis yang dianugrahi bentangan alam asri, Indonesia memiliki sejumlah hewan langka. Berikut 7 hewan langka yang bisa kamu lihat sambil berwisata.

1.    Kedih

Bukan cuma zebra atau sapi aja yang punya warna tubuh bernuansa monokrom, sebab salah satu primata endemik asal Sumatra ini juga memiliki bulu hitam putih dengan jambul yang lucu. Nama hewan ini adalah Presbytis thomasi atau yang lebih akrab disebut kedih.

Karena kerusakan hutan, sayangnya jumlah kedih terus menurun dan masuk dalam kategori rentan punah di daftar International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN). Namun, bagi kamu yang ingin berjumpa dengan kedih, silakan berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh yang merupakan salah satu habitatnya.

2.    Elang Jawa

Ini dia hewan yang ada di lambang negara Indonesia, namanya elang Jawa. Hewan endemik Pulau Jawa yang jadi pemangsa puncak dalam siklus rantai makanan ini memiliki keunikan saat tumbuh dewasa, yaitu tubuh elang Jawa betina lebih kekar dibanding tubuh elang Jawa jantan.

Satwa yang bernama latin Nisaetus bartelsi itu juga umumnya hanya bertelur 1-2 butir per tahun dan menyukai wilayah lereng gunung sebagai tempat tinggal, seperti di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Jawa Barat) atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur).

3.    Owa Jawa

Berada di habitat asli yang meliputi Taman Nasional Ujung Kulon (Banten), dan daerah di sekitar Jawa Barat seperti Gunung Halimun, Gunung Salak, serta Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, owa Jawa ini adalah hewan yang setia, lho! Karena saat pasangannya mati, owa Jawa tidak akan mencari pasangan lain di sepanjang sisa hidupnya.

Istimewanya lagi, owa Jawa atau Hylobates moloch ini masuk ke dalam jenis primata spesies owa yang hanya tersebar di Jawa dan paling langka di dunia.

4.    Rusa Bawean

Pernah mendengar eksotisme bahari di Pulau Bawean enggak? Ternyata, pulau yang berada di Laut Jawa dan masuk ke dalam wilayah Gresik, Jawa Timur itu merupakan tempat asal salah satu rusa endemik Nusantara yang bernama Rusa Bawean.

Tak seperti kerabat lainnya, spesies rusa ini sangat hati-hati dengan kehadiran manusia. Jadi, rusa Bawean biasanya akan mulai beraktivitas ketika sore hingga malam hari. Rusa ini juga memiliki moncong yang lebih pendek dari jenis lain serta berbulu kuning kecoklatan.

5.    Arwana super merah

Sekarang, giliran Kalimantan yang unjuk gigi dengan hewan endemiknya. Tapi, bukan lagi orangutan atau bekantan, melainkan arwana super merah atau yang memiliki nama latin Scleropages formosus dan dikenal dengan sebutan  arwana super red.

Warna merah menyala ikan ini juga membuatnya disebut sebagai silok merah si endemik Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Karena memiliki dua sungut pada bagian ujung bibir bawahnya, arwana super merah ini dianggap mirip naga berwarna merah.

 6.    Anoa

Mungkin kamu sudah enggak asing lagi nih, sama salah satu hewan kebanggaan masyarakat Sulawesi yang satu ini, yaitu anoa. Anoa merupakan jenis hewan yang mengalami proses evolusi yang menyebabkan reduksi ukuran tubuhnya.

Kejadian seperti ini kerap terjadi pada spesies hewan yang berada di wilayah kepulauan. Anoa juga memiliki beberapa sub spesies, seperti anoa dataran rendah dan anoa gunung. Nama panggilan anoa juga terbilang unik, yakni kerbau kerdil Sulawesi. Nah, kalau mau lihat langsung betapa uniknya hewan ini kamu bisa menemukannya di Sulawesi Tenggara.

7.    Kanguru pohon mantel emas

Ada satu hewan lagi yang wajib masuk daftar, namanya kanguru pohon mantel emas asal Papua. Tak seperti spesies kanguru lain yang berbobot besar dan tinggi, kanguru spesies ini justru memiliki tubuh mungil dengan bulu pendek dan halus bak boneka.

Warna bulunya perpaduan coklat muda pada bagian belakang tubuh dan warna kekuningan di bagian perut, pipi, leher, dan kakinya. Jika beruntung, kamu bisa menemui mamalia imut ini di sekitar Taman Nasional Lorentz , Mimika dan Taman Nasional Wasur, Merauke.

 

Sumber: Indonesia.travel

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post