Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

6 Surga Tersembunyi di Pulau Dewata yang Bisa Kamu Jelajahi Dalam Sekali Jalan

Foto: Indonesia.travel

Biar momen liburan di Bali bisa lebih efektif, seru, dan tak terlupakan, enggak ada salahnya buat mampir dulu untuk melihat keindahan di bagian timur Pulau Dewata.

KABARE.ID - Saking beragamnya destinasi di Pulau Dewata, kamu mungkin akan kebingungan mau mulai dari mana dulu. Nah, biar momen liburan di Bali bisa lebih efektif, seru, dan tak terlupakan, enggak ada salahnya buat mampir dulu untuk melihat keindahan di bagian timur Pulau Dewata.

Kenapa? Soalnya di sini ada banyak harta karun tersembunyi yang bisa dihampiri dalam satu jalur. Jadi, enggak perlu muter-muter. Mau tahu apa aja list destinasinya? Yuk, catat di bahasan berikut.

1. Air Terjun Kanto Lampo

Pemberhentian pertama kamu adalah Air Terjun Kanto Lampo yang estetik di Desa Beng, Kabupaten Gianyar.

Main ke air terjun yang satu ini makin seru sambil main air bareng teman-teman atau komunitas. Soalnya, air terjun setinggi 15 meter yang berundak-undak ini, emang pas banget untuk dinikmati kesegaran gemericik airnya.

Salah satu faktornya adalah aliran air terjun ini tidak terlalu deras, sehingga pas untuk bermain air. Berkunjung ke Air Terjun Kanto Lampo pun mudah dicapai karena lokasinya yang dekat dengan pemukiman.

Alamat: Jl. Kaliasem lingk.kelod kangin, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali

2. Bendungan Tukad Yeh Unda

Kalau biasanya kamu liburan ke destinasi alam seperti air terjun, sungai, pantai, dan lain-lainnya, enggak ada salahnya kalau liburan berikutnya coba eksplor lokasi baru seperti bendungan di Bali.

Iya, Bendungan Tukad Yeh Unda yang ada di Kabupaten Karangasem ini sering diserbu anak-anak untuk bermain air. Bendungan selebar 50 meter ini memiliki dua undakan dan digunakan untuk mengairi sawah. Lokasi bendungan ini berada di Sungai Tukad Yeh Unda yang luas dan jernih. Di dekatnya pun ada wisata Kali Unda serta jembatan penghubung.

Alamat:  Desa Lebah Banjar, Tangkas, Kabupaten Klungkung , Bali

3. Pura Goa Lawah

Setelah puas main air, pemberhentian selanjutnya adalah salah satu dari enam pura yang penting di Bali, yaitu Pura Goa Lawah. Sesuai namanya, pura ini terletak di dalam sebuah gua.

Dalam Bahasa Bali, “lawah” berarti kelelawar, jadi gua di pura ini dihuni ribuan kelelawar. Para kelelawar ini bisa dilihat bergelantungan di dinding gua. Keren, ya?

Goa Lawah juga terlihat sejuk karena terletak di bawah pepohonan rindang, serta di mulut goanya terdapat tempat pemujaan. Namun perlu diingat ya, karena tempat peribadatan, kamu harus mematuhi peraturan yang ditetapkan di tempat.

Alamat:  Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung , Bali

4. Pantai Bias Tugel

Pemberhentian keempat kamu adalah Pantai Bias Tugel yang terletak di Desa Padangbai, Kabupaten Karangasem. Pantai pasir putih yang satu ini punya terumbu karang estetik yang tersebar di garis pantai. Membayangkannya saja sudah jadi kepingin untuk berburu foto instagenik di sini.

Nah, berkunjung ke pantai ini bakal semakin seru juga kalau berenang di pantai yang memiliki air yang biru jernih ini. Eits, jangan lupa juga untuk mengabadikan fenomena water blow atau momen ketika air laut membentur karang dan terlihat seperti air mancur di pantai ini, ya.

Alamat:  Desa Padangbai, Kec. Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

5. Pantai Candidasa

Enggak kalah ciamiknya, Pantai Candidasa juga jadi salah satu spot yang cocok buat kamu yang sedang mencari vitamin sea. Mampir langsung ke pantai ini sangat mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan.

Di pantai ini terdapat jalan yang menjorok ke bibir pantai dan membentuk huruf T. Di tengahnya terdapat gazebo, tempat untuk menikmati pemandangan air laut yang biru ke hijau toska. Main ke pantai ini semakin romantis juga dengan banyaknya resor dan restoran estetik di sekeliling pantai. Wajib ajak pasangan, nih.

Alamat:  Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Kec. Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

6.  Taman Ujung

Nah, perjalanan ujung timur Bali kamu bisa ditutup dengan mampir ke taman Kerajaan Karangasem, yaitu Taman Ujung. Sebelumnya, taman ini bernama Taman Soekasada dan dibangun pada tahun 1909. Taman ini sempat rusak karena erupsi Gunung Agung di tahun 1963, kemudian dibangun ulang dan dibuka kembali di tahun 2003.

Daya tarik taman ini terletak di desain arsitektur tiang membentuk podium, jembatan, bangunan khas kerajaan di Bali, serta danau luas yang mengelilingi area yang menjadikannya instagenik abis. Enggak heran juga kalau taman ini suka dijadikan lokasi prewedding.

Alamat:  Jl. Taman Ujung, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali  


Sumber: Indonesia.travel

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post