Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

6 Olahraga Air yang Siap Memacu Adrenalin saat Berwisata ke Bali

Foto: Kemenparekraf RI

Kalau kamu ke Bali, wisata apa saja yang biasanya dicari? Nah, gimana kalau mencoba wisata olahraga air yang bisa buat adrenalinmu terpacu.

KABARE.ID - Enggak perlu diragukan lagi, kalau Pulau Dewata membuat siapa pun yang berkunjung jadi betah dan enggak ada bosan-bosannya. Kalau kamu ke Bali, wisata apa saja yang biasanya dicari? Wisata bahari? Wisata kuliner? Wisata desa?

Nah, kalau semua atraksi itu sudah kamu coba, gimana kalau coba wisata yang menyegarkan, menyehatkan, sekaligus menantang? Di daftar berikut ini ada 6 olahraga air yang bisa buat adrenalinmu terpacu! Penasaran ada apa saja? Wajib catat list berikut, ya!

1 | Snorkeling

Kamu setuju enggak, kalau berwisata ke pulau-pulau seperti ke Bali, wajib coba menyelam ke dalam air lautnya untuk merasakan sensasi wisata bahari? Nah, untuk permulaan, bisa dicoba nih snorkeling atau selam permukaan.

Enggak perlu khawatir jarang berolahraga atau belum pernah coba olahraga air, karena olahraga ini aman dengan bimbingan para profesional. Tidak hanya mudah, kamu juga bisa berenang bareng ikan-ikan hias kecil yang menggemaskan.

Lalu, untuk rekomendasi tempatnya, kamu bisa mampir ke sejumlah pantai yang ada di  Nusa Lembongan, seperti Pantai Sandy Bay, Pantai Mushroom Bay, atau pantai-pantai di yang ada di Nusa Dua.

2 | Selancar

Kayaknya olahraga yang satu ini jadi salah satu alasan utama wisatawan asing datang ke Pulau Dewata. Iya, untuk berselancar di pantai-pantai eksotisnya Bali. Rata-rata peselancar ini ingin mencari ombak-ombak yang tinggi dan pas untuk ditunggangi. Hebatnya, Pantai Kuta di Bali jadi salah satu spot berselancar terbaik di dunia, lho!

Untuk kamu yang ingin mulai belajar berselancar, enggak perlu khawatir karena akan ada tempat penyewaan papan selancar serta tutor yang akan membimbing. Nah, bisa dimulai nih dari pantai-pantai berikut: Pantai Kuta, Pantai Seminyak, Pantai Legian, Pantai Echo, dan Pantai Sanur. Sementara untuk yang sudah ahli, bisa mampir ke Pantai Uluwatu, Pantai Manggu, Pantai Green Bowl, dan Pantai Canggu.

3 | Parasailing

Disebut juga paralayar, atraksi yang wajib kamu coba ini memang jadi pemicu adrenalin. Soalnya, parasailing sedikit mirip dengan wahana roller coaster, namun penumpangnya melintasi permukaan laut, bukan rel. Dengan parasut berbalon besar, dua orang penumpang bisa duduk di bawah parasut sembari ditarik oleh sebuah perahu. Sensasi yang dirasakan adalah seperti terbang di atas laut!

Wih, membayangkannya saja sudah bikin deg-degan ya? Nah, tempat terbaik untuk mencoba parasailing adalah di Tanjung Benoa dan Pantai di Nusa Dua.

4 | Flyboarding

Salah satu wahana air yang bikin adrenalin ekstra terpacu dan melatih keseimbangan tubuh adalah flyboarding. Di atraksi yang satu ini, kamu akan menaiki sebuah perangkat jetpack atau jet ski yang terbang di atas air!

Bentuk perangkat yang seperti papan pijakan yang terhubung pipa sepanjang 18 meter ke turbinnya, memiliki nozzle atau mulut pipa yang berfungsi untuk membuang air laut dan memberi dorongan kuat bagi penggunanya. Alhasil, pemakainya bisa membumbung tinggi seperti pancuran air. Wow, super menegangkan dan mengasyikkan sekali, ya? Kamu mesti datang ke Tanjung Benoa dan Pantai di Nusa Dua biar tahu gimana serunya wahana ini.

5 | Scuba-diving

Olahraga yang satu ini memerlukan pelatihan dari instruktur selam berlisensi ya! Scuba merupakan singkatan dari self-contained underwater breathing apparatus atau alat bantu pernapasan bawah air mandiri.

Pemakaian alat ini diperlukan karena nanti penyelam akan menyelam di bawah laut hingga sedalam 40 meter. Pernapasan penyelam scuba menggunakan alat yang tersambung ke tangki oksigen di punggungnya.

Dan, saking ketat keamanannya, bagi kamu yang ingin mencoba olahraga ini mesti berlatih secara khusus hingga mendapatkan sertifikat menyelam yang diakui secara internasional. Nah, spot menyelamnya sendiri terbagi menjadi dua: untuk pemula di Pantai Amed, Teluk Padang, dan Menjangan, untuk yang profesional, di Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Candidasa.

6 | Arung jeram

Siapa sih yang enggak kenal sama olahraga air yang seru dan harus dinaiki rame-rame ini? Iya, apa lagi kalau bukan arung jeram yang kompetisinya sudah menjadi cabang olahraga di olimpiade. Keseruan berarung jeram bersama kelompok yang terdiri dari 4 hingga 6 orang, memang menyimpan momen tersendiri yang bikin tersenyum saat mengingatnya.

Dari setiap jalur sungai yang menantang, kamu bisa mengarungi air bersama rekan-rekan atau keluarga sembari menikmati keindahan alam di Bali. Nah, berikut ini adalah rekomendasi sungai yang seru untuk  dijadikan trek arung jeram, yaitu: Sungai Melangit, Sungai Telaga Waja yang penuh tantangan, serta Sungai Ayung yang paling tersohor.

Nah, itu dia olahraga air yang cocok buat kamu yang sedang mencari kesegaran dan petualangan yang berbeda di Pulau Dewata. Untuk akomodasinya, kamu bisa juga menginap di hotel-hotel mewah di Bali yang cocok untuk melepas penat setelah berwisata ria serta jangan lupa beli oleh-olehnya, ya.

Lalu, kalau kamu mau keluar rumah, jangan lupa untuk selalu terapkan protokol kesehatan dan enggak kalah pentingnya segera lakukan vaksinasi agar imun kita semakin kuat. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post