Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

5 Wisata Pantai Eksotis di Jalur Selatan, Istirahat Mudik Bisa Segarkan Pikiran

Foto: Indonesia.travel

Menjelang hari raya Idulfitri, pasti kamu sudah merencanakan mudik aman dan sehat bersama keluarga ke kampung halaman. Nah, bila kamu berkendara menggunakan mobil melewati jalur pantai selatan Pulau Jawa, ada banyak pantai cantik nan indah untuk menambah keriaan libur panjang.

KABAREID - Menjelang hari raya Idulfitri, pasti kamu sudah merencanakan mudik aman dan sehat bersama keluarga ke kampung halaman. Nah, bila kamu berkendara menggunakan mobil melewati jalur pantai selatan Pulau Jawa, ada banyak pantai cantik nan indah untuk menambah keriaan libur panjang.

Selain bisa jadi tempat persinggahan sementara dalam perjalanan mudik, kamu juga bisa mengajak sanak saudara di kampung halamanmu untuk berwisata ke pantai tersebut. Nah, berikut rekomendasi 5 pantai eksotis di jalur selatan Pulau Jawa dari kami untuk kamu cek langsung.

1.  Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya ini terletak di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keindahan birunya laut di Pantai Ujung Genteng ini bisa kamu nikmati dengan bersantai di tepian sambil bermain air.

Untuk mendapatkan sensasi yang lebih romantis menjelang matahari terbenam, kamu bisa menyewa perahu kayu dan merasakan semilir angin yang lebih menenangkan di atas permukaan laut. Kamu juga bisa mengunjungi penangkaran penyu yang ada di sini dan menyaksikan kegiatan perkembangbiakan mereka mulai dari bertelur hingga beranjak dewasa. Seru sekali, bukan?

2.  Pantai Watu Bale, Kebumen

Pantai yang satu ini sering dianggap sebuah hidden gem bagi penduduk lokal Kebumen karena kurang banyak disorot sebagai atraksi pariwisata di daerah mereka. Namun Pantai Watu Bale memiliki pesonanya sendiri.

Selain pemandangan topografi batu karang yang megah di sekitaran pantai, kamu juga bisa menemukan kerangka kapal di atas karang yang sering disebut penduduk lokal sebagai ‘Kapal Titanic’. Tentu ini bukan kapal Titanic yang sesungguhnya, tapi duduk di atas kapal ini sambil menikmati pemandangan sekitar pantai memberikan kenikmatan sendiri loh.

3.  Pantai Parangkusumo, Bantul

Banyak yang menjuluki pantai ini sebagai ‘Pantai Cinta’ karena menghadirkan suasana yang begitu romantis kepada siapa pun yang datang ke sini.

Terletak 30 km dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangkusumo merupakan atraksi wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi tidak hanya dengan pasangan, tetapi juga bersama keluarga. Keunikan dari pantai ini adalah kamu bisa menemukan Batu Cinta yang ditaburi dengan kembang tujuh rupa terletak di Kawasan Puri Cepuri.

Konon, Batu Cinta tersebut merupakan tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul yang kemudian terjadi kontrak perkawinan politik antara keduanya. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling pantai dengan naik kereta kuda dari sisi timur ke barat.

4.  Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai dengan pemandangan yang indah di tepi laut memang menarik. Namun, pantai yang memiliki air terjun tentu lebih menarik. Inilah yang menjadi keunggulan Pantai Banyu Tibo.

Nama ‘Banyu Tibo’ sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya ‘air jatuh’. Ini karena sumber air terjun yang menjadi ciri khas pantai ini berasal dari mata air bawah tanah pegunungan karst di utara.

Pantai yang berlokasi di Kabupaten Donorejo di Pacitan ini juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga besar saat mudik agar tercipta momen yang tak terlupakan selama perjalanan ke kampung halaman.

5.  Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Pantai Pulau Merah merupakan destinasi yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang berkunjung ke area di sekitar sana. Keunikan dari pantai ini adalah terdapat sebuah bukit kecil di bibir pantai yang menjorok ke laut di mana permukaannya diselimuti dengan pasir putih yang warnanya dapat berubah menjadi merah bila sore hari tiba.

Perubahan warna ini dipengaruhi dari air dan paparan sinar mentari senja yang hendak tenggelam. Bicara soal mentari senja, pemandangan matahari terbenam di pantai ini terkenal sebagai salah satu yang terbaik di seluruh pantai di Pulau Jawa. Tertarik ingin mengunjunginya?

Itu dia kelima pantai eksotis yang wajib kamu singgahi selama libur panjang hari raya Idulfitri. Bila kamu berencana mudik aman dan sehat bersama keluarga, tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku serta tetap melakukan kebiasaan baik seperti memakai masker di tempat umum, menjaga jarak, dan mencuci tangan sesering mungkin. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post