Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

5 Ide Perjalanan Edukatif ke Lokasi Wisata yang Pulih dari Bencana Alam

Foto: Indonesia.travel

Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan bencana. Kendati demikian, ketangguhan dan gotong royong masyarakatnya membuat daerah-daerah yang diterjang bencana kembali pulih. Bahkan, beberapa lokasi bencana sekarang menjadi objek wisata.

KABARE.ID - Terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta masuk ke dalam wilayah Ring of Fire, menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan bencana.

Kendati demikian, ketangguhan dan gotong royong masyarakat Indonesia membuat daerah-daerah yang diterjang bencana tersebut kembali pulih seperti semula. Bahkan, beberapa lokasi bencana tersebut sekarang ada yang telah dijadikan objek wisata.

Mau tahu tentang seluk beluk bencana alam di Indonesia? Ini dia 5 lokasi wisata edukatif menarik yang wajib dikunjungi. Buat kamu yang punya anak, mereka juga bisa diajak buat belajar tentang sejarah, resiliensi masyarakat, serta mitigasi bencana alam di tempat tersebut. Langsung aja yuk, kita lihat kelima tempatnya.

1. Meresapi Kisah di Museum Tsunami, Aceh

Pada tahun 2004 silam, tepatnya pada tanggal 26 Desember, terjadi sebuah gempa bumi sebesar 9,1 magnitudo di Samudra Hindia. Hal tersebut memicu tsunami dahsyat yang melanda 9 negara sekitarnya, termasuk Indonesia.

Banda Aceh menjadi salah satu daerah yang dihantam oleh tsunami hebat ini. Memakan sekitar 230.000 korban jiwa, tsunami ini merupakan salah satu bencana terberat yang dialami oleh Indonesia.

Kalo kamu mau belajar lebih banyak tentang bencana luar biasa tersebut, di Jalan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, terdapat sebuah museum yang merupakan simbol untuk mengenang para korban tsunami. Dirancang oleh Ridwan Kamil, museum ini juga memiliki sarana sebagai tempat mitigasi tsunami.

2. Belajar Mitigasi Bencana di Museum Geologi, Bandung

Untuk mengurangi risiko bencana alam, di Indonesia terdapat sejumlah tempat di mana kamu bisa mempelajari tentang apa saja yang kita bisa lakukan untuk menghadapi ancaman dari sebuah bencana. Salah satunya berada di tengah Kota Bandung.

Terletak tak begitu jauh dari Gedung Sate di Jalan Diponegoro, museum yang telah berdiri sejak tahun 1929 ini awalnya merupakan inisiatif dari Dinas Pertambangan pada zaman pemerintahan Hindia Belanda sebagai tempat penyimpanan hasil tambang yang mereka dapatkan.

Pada lantai satu museum ini terdapat sebuah ruang orientasi di mana kamu bisa belajar tentang mitigasi bencana alam. Selain itu, museum ini juga memiliki berbagai macam koleksi, mulai dari fosil-fosil, batu-batuan, artefak budaya, hingga miniatur menara pengeboran minyak dan gas bumi. 

3. Napak Tilas ke Museum Sisa Hartaku, Yogyakarta

Siapa sih yang enggak kenal sama kedahsyatan Gunung Merapi? Gunung vulkanik yang melegenda ini telah berkali-kali mengalami letusan. Tercatat mengalami lebih dari 80 kali erupsi, Gunung Merapi sudah menelan banyak korban jiwa.

Di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya Dusun Kepung, Desa Kepuharjo, ada salah satu tempat menarik yang mesti kamu datangi kalau mau lebih dekat melihat saksi bisu letusan Gunung Merapi.

Dikenal dengan nama Museum Sisa Hartaku, museum yang dimiliki oleh warga ini menyimpan berbagai jenis harta benda yang tersisa dari badai abu vulkanik Wedhus Gembel yang melahap wilayah sekitar gunung pada tanggal 26 Oktober 2010 silam. Selain itu, enggak jauh dari sini kamu juga bisa menemukan sejumlah tempat yang menawarkan serunya naik Jeep keliling Gunung Merapi.

4. Menilik Seluk Beluk Erupsi di Museum Gunung Merapi, Yogyakarta

Masih berada di Kota Gudeg, kalau kamu mau mengenal lebih dalam sejarah dari Gunung Merapi ada satu museum lagi yang wajib dikunjungi. Berlokasi hanya sekitar 3 km dari Museum Sisa Hartaku, tepatnya di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Museum Gunung Merapi merupakan satu-satunya museum vulkanologi yang ada di Yogyakarta.

Dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan empat tahun kemudian, museum ini menyimpan begitu banyak informasi edukatif mengenai gunung api. Kamu juga bisa menemukan sejumlah artefak sisa letusan Gunung Merapi dari tahun 1969 sampai 2006. Selain itu, di lantai dua kamu juga menemukan peraga simulasi tsunami dan gempa.

5. Perdalam Pengetahuan Vulkanologi di Museum Geopark Batur, Bali

Selain Museum Gunung Merapi, masih banyak museum gunung api di Indonesia yang menawarkan pengalaman wisata edukasi yang menarik. Salah satunya bisa ditemukan di Pulau Bali. Berdiri di selatan kaki Gunung Batur, Kintamani, Museum Geopark Batur menyajikan beraneka ragam informasi penting mengenai vulkanologi.

Ketika memasuki museum ini, kamu akan langsung disuguhkan dengan miniatur dari Gunung Batur. Terdapat tiga ruangan edukasi dengan tema khusus yang terdiri dari ruang kebumian, keanekaragaman hayati, dan kebudayaan. Ada banyak ilmu yang bisa kamu dapat dari sini, mulai dari tipe-tipe letusan gunung api sampai pembentukan Pulau Bali dan kedua gunung api yang ada di sana, yaitu Gunung Batur sendiri serta Gunung Agung. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post