Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

5 Gunung di Indonesia yang Penuh Pesona untuk Hiking

Foto: Kemenparekraf RI

Gunung merupakan tempat yang cocok untuk bermeditasi dan menyehatkan badan. Selain kita bisa mendapatkan ketenangan, gunung jadi tempat yang pas untuk berpetualang sambil hiking.

KABARE.ID - Indonesia mendapat julukan Ring of Fire karena banyaknya gunung berapi aktif yang membuat negara kita kaya akan destinasi wisata alam pegunungan yang mendunia.

Nah, kalau kamu sendiri punya hobi mendaki gunung? Apakah daftar gunung-gunung berikut ini sudah pernah dikunjungi? Kalau belum, yuk cari tahu keindahannya!

1. Gunung Gede, Jawa Barat

Kamu yang ingin melihat kawah aktif dan bunga abadi di puncak gunung, wajib coba mendaki ke Gunung Gede di Provinsi Jawa Barat. Secara administratif, gunung ini terletak di 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Gunung dengan puncak tertinggi berada pada 2.958 mdpl ini nampak seperti kubah dari kejauhan. Di puncaknya, tumbuh bunga abadi edelweis yang menjadi incaran bagi para pendaki.

Kamu bisa mulai pendakian dari pos Kebun Raya Cibodas, sebelum melanjutkan perjalanan melalui hutan tropis, mata air dan sumber air panas.

2. Gunung Merapi, Jawa Tengah

Siapa sih yang enggak kenal si hebat Gunung Merapi di Yogyakarta? Salah satu gunung berapi teraktif di dunia ini sering menjadi lokasi syuting iklan komersial, lho! Tentunya, kamu juga pasti sudah familier dengan gunung yang memiliki ketinggian 2.911 meter ini.

Gunung Merapi menjadi destinasi yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Salah satu spot yang instagramable adalah bendungan air waduk yang mengalir di kaki gunung. Kamu bisa berfoto di bendungan air ini saat sunrise.

3. Gunung Semeru, Jawa Timur

Kamu sudah pernah main ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Kalau sudah, pasti enggak asing lagi sama Gunung Semeru, kan? Iya, salah satu gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia ini memiliki tinggi hingga 3.676 mdpl.

Kalau kamu mendaki gunung ini, harus berhati-hati ya dengan kawahnya yang mengeluarkan abu vulkanik hitam dan pasir setiap 20 menit sekali. Nah, sebelum mendaki gunung ini, kamu harus melakukan booking terlebih dahulu agar keselamatan dan keamanannya terjamin.

4. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung yang satu ini punya kaldera yang unik, lho! Apa lagi kalau bukan Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki tinggi 3.726 mdpl.

Pesona puncak Gunung Rinjani ini benar-benar sulit digambarkan dengan kata-kata! Bayangkan saja, hamparan langit yang dihiasi puncak-puncak gunung lainnya serta sebuah kaldera besar berbentuk bulan sabit siap menyambut para pendaki gunung yang berhasil sampai ke sana. Kalau main ke Lombok, harus coba mendaki gunung ini ya!

5. Gunung Tambora, NTB

Masih dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, kamu bisa mampir ke Gunung Tambora di Pulau Sumbawa. Konon, letusan gunung ini dikabarkan terdahsyat sepanjang sejarah hingga menyebabkan hilangnya musim panas di Eropa pada tahun 1815.

Gunung setinggi 2.772 mdpl ini bertipe Strato Vulkanik atau terbentuk akibat adanya pengendapan material piroklastik yang berulang-ulang dan sedikit aliran lava pada zona pusat erupsi. Gunung ini memiliki kaldera di pusatnya. Nah, pesona kaldera terbesar di dunia inilah yang banyak diincar oleh para pendaki.

Sudahkah gunung-gunung di atas masuk ke dalam daftar hiking-mu? Yang pastinya, sebelum mendaki gunung, pastikan sudah membuat reservasi dengan pihak pengelola setempat dan membawa peralatan lengkap untuk mendaki gunung ya!

Jangan lupa, sebelum kamu bepergian keluar rumah, selalu terapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Dan enggak kalah pentingnya, segera vaksinasi agar imun kita semakin kuat. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel/ Kemenparekraf RI

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post