Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
BISNIS

110 Ton Chip Porang Diekspor ke China

Foto: Istimewa/ Kementan RI

Sebanyak 110 ton chip porang diekspor ke China. Porang yang diekspor tidak hanya untuk beras sehat yang zero gula, tetapi juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan.

KABARE.ID – Mentan Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor chip porang ke China sebanyak 110 ton. Ekspor dengan nilai Rp 4 miliar itu dilakukan di pabrik porang PT. Insan Agro Sejahtera di Dusun Panjojo, Desa Lassang Barat, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu (9/7/2022).

Ekspor ini merupakan yang perdana setelah dibuka kembalinya pintu ekspor ke negara China yang sempat ditutup dua tahun.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah agar kehidupan petani menjadi lebih baik, khususnya petani porang. Memang China telah menutup impor porang dari Indonesia kurang lebih 2 tahun dan hari ini kita mengirim porang ke China,” kata Mentan Syahrul.

“Porang ini tidak hanya untuk beras sehat yang zero gula. Tapi juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan dalam dunia farmasi. Oleh karena itu, saya harapkan produk porang ini tidak sebatas bentuk chip, tapi hingga produk olahan seperti tepung dan mie porang. Ini yang harus kita capai,” kata Mentan.

Menurut data Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, sepanjang 2018 hingga 2020 ekspor porang ke negara China telah mencapai 1.052 ton. Ekspor porang tidak hanya ke China, tapi juga ke beberapa negara yakni Chili, Hongkong, Laos, Malaysia, Thailand dan Vietnam. (*)

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post