Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

10 Ide Aktivitas Liburan Anak di Indonesia

Foto: Indonesia.travel

Liburan memang paling asyik jika berkumpul bersama keluarga. Selain bisa melepas penat, liburan keluarga bisa jadi momen menjalin keakraban antara orang tua dan anak yang pastinya sangat seru.

KABARE.ID - Liburan memang paling asyik jika berkumpul bersama keluarga. Selain bisa melepas penat, liburan keluarga bisa jadi momen menjalin keakraban antara orang tua dan anak yang pastinya sangat seru.

Berbagai destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja siap jadi pilihan dengan segudang aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak saat liburan, mulai dari wisata edukasi, main di pantai, hingga berkunjung ke desa wisata.

Indahnya pemandangan alam yang asri dari Pulau Sumatra sampai Papua, semuanya bisa jadi cerita liburan yang keren. Ada sedikit tips nih, buat kamu ketika liburan bersama anak. Selain mempersiapkan kebutuhan akomodasi selama liburan, hal yang enggak kalah penting adalah membawa obat-obatan pribadi dan juga vitamin agar bisa menikmati liburan tanpa ada suatu kendala.

Sudah siap liburan? Yuk, intip 10 ide aktivitas liburan anak pastinya hanya #DiIndonesiaAja.

1. Wisata edukasi kawah bersejarah di Danau Toba, Sumatra Utara

Caption

Masih ingat pelajaran geografi tentang Danau Toba? Kalau waktu itu kamu hanya membaca sejarahnya melalui buku pelajaran, kini saatnya datang dan kenalkan anak secara langsung dari lokasi aslinya!

Danau ini terbentuk akibat adanya letusan Gunung Toba Purba. Danau seluas 1.145 km2 dengan Pulau Samosir di tengahnya ini menjadi danau terbesar se-Asia Tenggara.

Kamu bisa menempuh perjalanan udara dan mendarat di Bandara Silangit untuk sampai di Danau Toba. Selain wisata edukasi di Danau Toba, kawasan sekitarnya juga menawarkan destinasi seru lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

2. Berenang di pesisir pantai jernih khas Tanjung Kelayang, Kepulauan Bangka Belitung

Anak-anak biasanya paling senang dengan segala aktivitas yang berhubungan dengan air. Yuk, ciptakan momen main air semakin ceria. Kamu bisa mengajak anak bermain air hingga berenang di berbagai destinasi wisata seru di Indonesia, salah satunya adalah Tanjung Kelayang.

Paduan pasir putih, jernihnya air laut, dan batuan granit besar yang memesona siap manjakan mata siapa pun yang berkunjung. Meski letaknya terpencil, destinasi ini berkembang menjadi resor terpadu yang luas.

Dasar laut yang dangkal di pesisir pantai membuat pantai yang satu ini cocok untuk dijadikan spot berenang anak. Bawa juga bola atau peralatan bermain pasir lainnya supaya liburan semakin seru ya!

3. Belajar seputar ekowisata di Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)

Melipir sedikit dari daerah perkotaan di Ibu Kota DKI Jakarta untuk sampai ke Pulau Seribu. Untuk sampai ke sini pergilah ke pelabuhan terdekat yang ada di Jakarta, seperti Marina Ancol, Kali Adem, atau Sunda Kelapa. Temukan beragam spot ekowisata di Kepulauan Seribu, salah satunya penangkaran penyu yang ada di Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kamu dapat melihat lokasi peneluran di Pulau Peteloran Timur, Penjaliran Barat, Penjaliran Timur, dan Pulau Belanda.

Lihat juga proses penetasan, pembesaran, hingga pelepasliaran penyu sisik di Pulau Pramuka, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan, dan Pulau Sepa secara langsung. Selain itu, terdapat juga  destinasi ekowisata lainnya, misalnya penangkaran burung murai di Pulau Pari. Anak-anak pasti sangat senang jika berkunjung ke sini!

4. Mengenal budaya di Candi Borobudur, Jawa Tengah

Kamu pasti sudah familier sama candi yang satu ini, kan? Dibangun pada abad ke-8, Candi Borobudur telah mengalami beberapa kali renovasi hingga akhirnya ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Yuk, ajak si kecil mengenal budaya dan sejarah Candi Borobudur melalui ragam kegiatan kebudayaan yang masih aktif dilakukan seperti Ruwat Rawat Borobudur, Sedekah Gunung, Sedekah Punthuk Setumbu, Ruwat Sengkolo, Renungan Budaya Siwi, Sedekah Sendang Suruh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lewatkan juga makan siang dengan kuliner khas Magelang yang punya cita rasa super lezat.

5. Menikmati sensasi bertualang di Bromo, Jawa Timur

Ayo, mendaki keindahan Gunung Bromo bersama keluarga! Naik mobil jip menyusuri berbagai kawasan seperti Bukit Cinta, Widodaren, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Sabana pasti akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan.

Dari atas jip, kamu bisa langsung menikmati pemandangan alam yang memikat mata. Tak perlu khawatir jika tidak bisa mengendarai jip, di sana akan ada operator yang siap jadi supir dan memandu melewati rute yang aman.

Mau coba naik kuda di tengah suasana yang indah? Bisa! Penyewaan kuda biasanya ada dimulai dari parkiran jip. Jika menyewa kuda untuk ditunggangi maka kamu akan mendaki dan mengitari gunung dengan kuda.

Namun, kuda juga bisa disewa hanya sekadar untuk berfoto dengan biaya yang pastinya lebih murah dibanding menyewanya untuk ditunggangi. Supaya nyaman saat bertualang, datanglah dengan outfit musim dingin karena suhu di Gunung Bromo bisa mencapai 0 derajat celcius!

6. Mampir ke lokasi MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Setelah event MotoGP Mandalika pada Maret 2022, kini sirkuit ini resmi dibuka untuk umum per tanggal 1 Juli. Sangat cocok untuk kamu dan si kecil yang hobinya menyaksikan ajang balapan motor. Ada banyak hal seru yang bisa lakukan selama di dalam arena sirkuit Mandalika mulai dari berfoto, olahraga lari, hingga bersepeda.

Sembari berolahraga, nikmatilah suasana sirkuit yang berbatasan langsung dengan pantai pasir putih yang ciamik! Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kelestarian lokasi ya, misalnya dilarang menggunakan sandal, tidak menggunakan kendaraan dengan bahan selain roda karet, dan membuang sampah harus pada tempatnya. Tertarik datang ke sini? Persiapkan tiket masuk yang hanya dapat dibeli secara online melalui aplikasi Xplorin.

7. Bertemu satwa langka di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Kalau biasanya melihat komodo hanya melalui foto hewan endemik di buku pelajaran anak, kini saatnya bertemu satwa langka ini secara dekat di Taman Nasional Komodo! Kuda, kerbau, komodo, rusa timor, ular, lumba-lumba, kadal dan berbagai hewan lainnya bisa kamu temukan di sana.

Meski dapat melihat dari jarak yang cukup dekat, ketika bertemu komodo kamu harus tetap berhati-hati dan selalu ditemani oleh ranger, ya! Pastikan untuk mengikuti aturan yang ada demi keamanan dan kenyamanan selama berlibur.

Sebelum pulang, ambil foto untuk kenang-kenangan berlatar belakang pemandangan alam yang memesona. Jangan lupa juga untuk beli hasil ekonomi kreatif sebagai oleh-oleh khas Labuan Bajo ya!

8. Puas snorkeling hingga diving di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Sudah pernah menyelami keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving? Kalau belum Wakatobi bisa jadi pilihan yang tepat, lho! Mengajak anak snorkeling atau diving bisa menjadi salah satu cara memperkenalkan keindahan bawah laut Indonesia dengan 750 spesies koral serta aneka biota laut dan hanya dapat ditemukan di sini.

Akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan karena selama menyelami bawah laut mata akan dimanjakan oleh paduan warna warni koral, anemon, dan ikan laut. Keamanan selama menyelam terjamin oleh petugas yang berjaga mulau dari 6 pagi sampai 10 malam.

Wah, makin gak sabar buat liburan di sini ya? Ini nih, pilihan spot snorkeling di Wakatobi yang wajib didatangi: Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, Pulau Binongko, Pulau Sombu, Onmohute, dan Pulau Hoga. Pesanlah penginapan di sekitar pulau supaya puas menikmati keindahan bawah laut dan pantai Sulawesi Tenggara ya!

9. Merasakan kehangatan warga lokal dan budaya khas Pulau Morotai (Maluku Utara)

Sudah pernah mengulik pulau indah di sisi utara Maluku? Kalau belum, Pulau Morotai jadi destinasi yang wajib disambangi. Memiliki keindahan alam yang cantik luar biasa, warga lokal yang ramah, dan ragam kebudayaan, destinasi yang satu ini cocok untuk liburan bersama anak dan keluarga.

Rasakan pengalaman liburan baru dengan mengenal kebudayaan Pulau Morotai. Beberapa kebudayaan yang ada dapat kamu intip dengan mendatangi Tokuwela Morotai Festival. Banyak keseruan yang bisa kamu saksikan seperti tari dana-dana, lalaweda, soya, saloi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Main juga ke desa wisata Pulau Kolorai dengan daya tarik bahari yang eksotis. Dihuni sekitar 100 kepala keluarga yang terdiri dari beberapa suku seperti Suku Galela, Suku Bajo, dan Suku Ternate. Dengan mengenal berbagai suku kamu juga bisa mempelajari budaya yang ada dari setiap suku.  Wah, jadi enggak sabar liburan ke Pulau Morotai ya.

10. Main ke Desa Wisata Arborek di Raja Ampat, Papua Barat

Desa Wisata Arborek di Raja Ampat menyimpan keindahan alam yang menawan. Beragam aktivitas seru bisa dilakukan mulai dari bermain di pantai, snorkeling, diving, hingga mencoba makanan khasnya, yaitu papeda.

Kamu bisa mengajak anak menginap di homestay dengan konsep eco resort. Nuansa alam yang ciamik kental terasa dari komponen rumah yang terbuat dari dedaunan pohon khas di Papua seperti nipah yang dipadukan dengan papan atau kayu sebagai lantainya. Ada lagi nih, bonus yang bisa didapat ketika libur ke Desa Wisata Arborek, yaitu pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau. (*)

 

Sumber: Indonesia.travel

baskoro dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post