Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Terasi Toboali Diminati Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Terasi Toboali: (istimewa)

Terasi Toboali terkenal memiliki aroma udang yang khas, tidak pahit dan warnanya lebih kemerahan. Terasi ini bahkan diminati wisatawan mancanegara seperti Jepang dan Prancis.

PANGKALPINANG-KABARE.ID: Terasi Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung diklaim sebagai terasi yang paling laris di pasaran karena memiliki kualitas super. Terasi ini memiliki aroma udang yang khas, tidak pahit dan warnanya lebih kemerahan.

Akung, seorang pedagang terasi di Pasar Pagi Pangkalpinang menuturkan, terasi asal Toboali memang lebih enak dibandingkan daerah lain dan kualitasnya sudah terkenal ke berbagai daerah sehingga banyak yang mencarinya.

"Terasi Toboali warnanya tidak hitam, rasanya tidak pahit karena bahan baku yang digunakan masih segar, berkualitas bagus serta cara pengolahannya masih manual dengan resep turun-temurun dari nenek moyang," katanya di Pangkalpinang, seperti dikuti Antara, Selasa (26/12).

Biasanya Akung menjual terasi sekitar 15-30 kilogram per hari, namun sejak libur panjang jualannya laris mencapai 70 hingga 100 kilogram per hari. "Untuk harga terjangkau kisaran Rp50 ribu hingga Rp80 ribu per kilogram," katanya.

Kampung Padang Toboali merupakan sentra pembuatan terasi khas Kabupaten Bangka Selatan. Pada liburan kali ini, diakui Akung, peminat terasi Toboali semakin banyak. Selain wisatawan lokal, peminat terasi ini bahkan hingga mancanegara seperti Jepang dan Prancis. (*)

 

(Baca juga: 22 Lukisan Gambarkan Tragedi Tsunami Aceh)

(Baca juga: Konsumsi Ikan untuk Memperbaiki Kualitas Tidur)

(Baca juga: Jabar Lautan Kopi Pecahkan Rekor Dunia)

 

Baskoro Dien

  1. Avatar
    Mochammad Fuad Wednesday, 25 July 2018

    Kami Ingin Bergabung!!!kami Juga Memiliki Terasi. 083833003395

KOMENTAR

Popular Post