Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Doed Joesoef, meninggal dunia, Selasa (23/1/2018), pukul 23.55 WIB. 
KABAR

Ruang Kerja dengan Tumbuhan Efektif Lawan Stress dan Penyakit

ilustrasi: Tanaman hiasan. (istimewa)

Para peneliti mengungkapkan, tanaman dapat ‘membersihkan' patogen di udara, mengurangi bakteri dan menjauhkan diri dari stress dan penyakit.

JAKARTA-KABARE.ID: Sebuah studi terbaru menunjukan, mengisi ruang kerja dengan tanaman dapat mengurangi tingkat stress dan menjaga tubuh tetap jauh dari penyakit. Menurut peneliti tersebut, tanaman hijau dapat membantu membersihkan udara dari bahan kimia beracun.

"Salah satu cara terbaik untuk mengatasi sakit dan stres adalah dengan mengisi kantor dengan tanaman," tulis Eddie van Etten dan Pierre Horwitz untuk The Conversation seperti dilansir Independent.

Para peneliti menambahkan, menaruh tanaman hijau di kantor dapat membantu membersihkan udara dari zat berbahaya yang ditemukan di perabot kantor termasuk formaldehid, benzena, etilbenzena, toluena, xilena, dan bahkan amonia dari produk pembersih.

Tak hanya itu, bakteri baik pada tanaman di dalam ruangan dan yang ada di tanah adalah hal tambahan penting bagi kantor, karena dapat menstabilkan ekologi di lingkungan sintetis.

"Bakteri di tanaman juga dapat membantu menghindari wabah dari patogen dan menyeimbangkan ekosistem. Keseimbangan ini mengurangi penyakit virus dan meningkatkan tingkat kesehatan staf," tulis mereka.

Temuan ini juga didukung oleh penelitian NASA sebelumnya yang menemukan bahwa menanam beberapa jenis tumbuhan tertentu di rumah bisa mencegah penghuni rumah jatuh sakit. (*)

Baskoro Dien

Popular Post

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR