Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Pendidikan

Pentingnya Anak-anak Bermain di Luar

Permainan tradisional, tarik tambang. (Foto: Instagram/ardiansbg17)

Bermain di luar rumah, minimal dua jam sehari dengan berolahraga atau bermain permainan tradisional di bawah sinar matahari bisa membantu meningkatkan penglihatan anak.

JAKARTA-KABARE.ID: Tradisi bermain bersama teman di luar rumah seperti olahraga dan permainan tradisional diyakini dapat membentuk karakter anak di masa depan. Karakter yang dapat dibentuk di antaranya belajar bekerja sama, belajar bersosialisasi dan menjaga hubungan baik dalam bermasyarakat.

Selain membentuk karakter anak, bermain di luar bersama teman juga berdampak pada kesehatan tubuh anak. Salah satu yang paling berpengaruh adalah kesehatan mata agar terhindar dari Myopia.

Myopia adalah kondisi dimana cahaya yang masuk ke mata tidak langsung fokus pada retina, tapi di depannya. Hal ini menyebabkan objek yang dilihat seseorang, saat melihat objek yang jauh menjadi tidak fokus. Namun, menjadi jelas ketika melihat objek yang dekat.

Menurut para ahli, kekurangan cahaya alami adalah kunci di balik kondisi itu.

"Faktor utamanya nampaknya kurang terpapar sinar matahari langsung, karena anak-anak yang banyak belajar dan yang menggunakan komputer, smartphone atau komputer tablet memiliki sedikit kesempatan untuk berlari keliling luar dan kurang terkena sinar matahari," kata Annegret Dahlmann-Noor, konsultan oftalmologi di Moorfields Eye Hospital di London dikutip The Indian Express.

Ia menambahkan, orangtua memiliki tugas besar untuk membatasi atau menghentikan penggunaan gawai dalam waktu lama oleh anak-anak serta dapat mengajak anak-anak bermain di luar sebanyak mungkin. Cara termudah adalah mengajak anak berekreasi. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post