Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Candi Ijo, Candi ‘Tertinggi’ di Yogyakarta

Komplek Candi Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

Wisatawan menikmati suasana matahari tenggelam di komplek Candi Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (2/1). Candi Hindu yang terletak 410 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut dibangun abad ke X pada masa kerajaan Medang.

Yogyakarta – Candi Ijo yang terletak di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut (mdpl), merupakan candi ‘tertinggi’ di Yogyakarta. Karena Lokasinya yang berada di ketinggian itu membuat Candi Ijo menawarkan pemandangan yang indah berupa persawahan dan bentang alam, seperti Bandara Adisucipto dan pantai Parangtritis.

Candi ini dinamakan "Ijo" karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo. Candi ini berada di perbukitan dan memiliki komplek percandian yang berteras-teras yang semakin meninggi ke belakang dengan bagian belakang sebagai pusat percandian.

Untuk masuk ke komplek candi Ijo, pengunjung tidak dikenakan biaya hanya perlu mengisi buku tamu. Sedangkan di dalam candi-candi perwara, pengunjung dapat melihat arca nandi yang merupakan simbol kendaraan Dewa Siwa dan meja batu atau disebut padmasana.

Ragam bentuk seni rupa juga dapat dijumpai di kompleks Candi Ijo. Salah satunya ukiran kala makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya.

Editor: Baskoro

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post