Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Bersihkan Paru-paru dengan Apel dan Tomat

Buah Apel. (pixabay)

Sebuah riset yang dilakukan selama 10 tahun oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menunjukan bahwa, mengkonsumsi minimal dua tomat dan tiga porsi apel sehari dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada bekas perokok.

JAKARTA-KABARE.ID: Riset terbaru dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa memasukkan tomat dan apel dalam menu makanan dapat membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada bekas perokok.

Dilansir dari Antara, Rabu (27/12), studi itu mengungkapkan orang dewasa yang makan minimal dua tomat dan tiga porsi apel sehari menunjukkan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat ketimbang mereka yang makan kurang dari satu apel dan satu tomat tiap hari.

Meski demikian, efeknya hanya muncul bila yang disantap adalah buah segar, artinya tomat atau apel kalengan dan yang sudah diproses tidak bermanfaat.

Faktor lain yang juga berpengaruh adalah usia, tinggi badan, jenis kelamin, indeks massa tubuh, status sosial-ekonomi, aktivitas fisik dan total asupan energi juga menjadi pertimbangan.

Yang menarik, penemuan yang diterbitkan di European Respiratory Journal edisi Desember itu menemukan bahwa hubungan antara menu makan dengan fungsi paru-paru terlihat lebih jelas pada bekas perokok.

Studi Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health ini meneliti menu makanan dan fungsi paru-paru pada lebih dari 650 orang dewasa pada 2002, kemudian tes yang sama diulangi lagi pada partisipan sepuluh tahun kemudian.

Partisipan yang mengikuti tes ini berasal dari Jerman, Norwegia dan Inggris. Mereka juga diminta untuk mengisi kuesioner tentang pola makan dan asupan nutrisi, juga spirometri, prosedur untuk mengukur kapasitas paru-paru saat mengambil oksigen. (*)

 

(Baca juga: Chelsea Islan: Cita-citaku Mau jadi Diplomat)

(Baca juga: Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Natal)

(Baca juga: 74 Desa di Papua Akhirnya Terang Benderang)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post