Monday 8 May 2015 / 22:03
  • Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Doed Joesoef, meninggal dunia, Selasa (23/1/2018), pukul 23.55 WIB. 
Komunitas

Bemo Bisa Menjadi Sarana Transportasi Wisata

Pengendara Bemo menunggu penumpang di Jelambar,Jakarta Barat, Rabu,(26/10). (Antara Foto/ Fakhri Hermansyah)

Bemo masih digunakan warga untuk rute Jelambar-Grogol dengan tarif Rp4 ribu untuk 1 kali perjalanan. Kendaraan bermotor dengan tiga roda dan moncong depannya yang khas ini merupakan raja jalanan kota sebelum tiba eranya mikrolet.

Jakarta - Sejak dekade 1960-an hingga 1990-an, becak motor atau lebih dikenal dengan sebutan bemo menjadi sarana transportasi terfavorit di Ibu Kota. Namun, sejak era 90-an, keberadaannya perlahan tergerus.

Bentuknya yang lucu dengan bagian depan ‘monyong’ tidak lagi menjadi daya tarik. Bahkan, bemo kini terbilang sudah hampir punah. Kalah pamor dengan kendaraan transportasi lain. Geraknya pun dibatasi. Hanya boleh beroperasi di beberapa ruas jalan saja.

"Dulu mah, sekitar tahun ‘90 jumlah bemo bisa ada 40 di sini, tapi sekarang paling sisa 15, itu pun yang beroperasi hanya 5-7 bemo," kata Rambun (60), sopir bemo yang beroperasi di Jalan Dr. Krt Radjiman Widyodiningrat, Jakarta Timur, Kamis (27/10).

Langkanya suku cadang dan besarnya biaya perawatan menjadi alasan. Selain itu, konsumennya juga jauh berkurang. Tidak cukup untuk dijadikan mata pencaharian. Tak heran, jika banyak teman-teman seprofesinya sudah beralih.

“Banyak yang sudah jadi sopir metromini, taksi, malah ada yang nge-gojek,” tutur Rambun sambil menyeruput kopi di pangkalan bemo, bawah flyover Buaran, Jakarta Timur.

Rambun berharap pemerintah lebih bijaksana. “Bemo jangan dimusnahkan, lebih baik diperbaharui, seperti bajaj yang sudah menggunakan bahan bakar gas” tuturnya.

Menurut dia, bemo memiliki potensi sebagai sarana transportasi wisata. Seharusnya, dilestarikan bukan dimusnahkan. Misal, digunakan sebagai transportasi di kawasan Kota Tua atau Ancol.

Editor: Baskoro

Popular Post

  1. Avatar
    rara Friday, 28 October 2016

    Good artikel

  2. Avatar
    DoraNub Thursday, 13 April 2017

    hi!

KOMENTAR