Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Wisata_Kuliner

Wishnutama Sebut Wisata Alam Bakal Menjadi Tren Usai Pandemi

Ilustrasi wisatawan yang sedang berwisata alam Foto: Dok. Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan bahwa wisata alam memiliki risiko penularan yang rendah jika dibandingkan dengan wisata yang lain.

JAKARTA - KABARE.ID: Wisata alam diprediksi akan menjadi tren populer yang digemari wisatawan usai pandemi virus corona atau dalam kondisi new normal. Hal itu dikarenakan, tren pariwisata telah bergeser di mana kesehatan dan keamanan menjadi prioritas utama.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, mengatakan wisata alam memiliki risiko penularan yang rendah jika dibandingkan dengan wisata yang lain.
 
"Dalam pandemi COVID ini, salah satu yang diuntungkan wisata alam, karena risikonya sangat rendah dan kebetulan Indonesia memang kekuatannya salah satunya wisata alam, kita lihat Toba, Labuan Bajo, Bali," kata Wishnutama dalam webinar Reaktivasi Sektor Parekraf Memasuki Adaptasi Kenormalan Baru, Rabu (22/7).
 
Ia pun menjelaskan bahwa wisata alam akan menjadi pilihan bagi wisatawan saat destinasi-destinasi wisata di Indonesia mulai dibuka kembali. "Kalau kita lihat kota seperti Hong Kong, Singapura, New York cenderung berisiko tinggi dikunjungi wisatawan," lanjut Wishnutama.
 
Oleh sebab itu, ia menekankan pada setiap pemerintah daerah di tiap destinasi wisata untuk mempersiapkan dan menjalankan betul-betul protokol kesehatan yang ada. Sebab, menurutnya salah satu syarat utama agar sektor pariwisata kembali rebound adalah dengan menjalankan protokol kesehatan dalam menyambut era new normal.
 
"Beberapa daerah sudah kami lihat sudah mempersiapkan protokol kesehatan dengan sangat baik, salah satunya Provinsi Bali yang saya dan pak gubernur saksikan persiapannya. Dan juga di Banyuwangi, beberapa daerah sudah mempersiapkan ke sana seperti Toba, Bitung, dan lain lain," lanjut Wishnutama. (*)
 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post