Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Webi Jadi Percontohan Kampung Tangguh Covid-19 di Wondama

Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi pada tanam perdana di lahan milik masyarakat lokal Kampung Webi Distrik Rasiei. (Antara/Zack Tonu B)

Webi terpilih sebagai yang terbaik dari 75 kampung di Wondama lantaran memenuhi tiga kriteria utama, yakni memiliki ketahanan pangan, keamanan, dan kesehatan di tengah pandemi virus Corona.

TELUK WONDAMA – KABARE.ID: Kampung Webi di Distrik Rasiei ditetapkan sebagai Kampung ASRI (Aman, Sehat, dan Mandiri) Berdikari di Kabupaten Teluk Wondama.

Webi terpilih sebagai yang terbaik dari 75 kampung di Wondama lantaran memenuhi tiga kriteria utama, yakni memiliki ketahanan pangan, keamanan, dan kesehatan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

“Kampung Webi akan dijadikan kampung percontohan untuk seluruh kampung di Wondama,” ujar Kapolres AKBP Yohanes Agustianduru, saat meresmikan Webi sebagai kampung ASRI, belum lama ini.

Menurut dia, Kampung Webi layak menjadi kampung percontohan karena masyarakatnya memiliki kesadaran yang baik dalam penerapan protokol kesehatan.

Setidaknya setiap 10 meter terdapat ember untuk tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun yang ditempatkan di jalan utama dan lorong kampung. Warga juga diklaim selalu menggunakan masker setiap berada di luar rumah.

Selain itu, terdapat juga tempat isolasi mandiri yang berlokasi di gedung Puskesmas Pembantu.

Untuk aspek ketahanan pangan, kampung ini memiliki lahan pertanian seluas 4,2 hektar yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat. Beberapa komoditi yang rutin ditanam antara lain: jagung, umbi-umbian, sayur-sayuran, juga padi ladang.

Di bidang keamanan, kampung ini telah mendirikan posko pengawasan warga yang keluar masuk sejak merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia. Posko tersebut beberapa kali berhasil menahan kendaraan dari luar daerah yang membawa masuk orang secara diam-diam. (*)

 

Sumber: Kabartimur.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post