Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Wakil Gubernur Sulsel Siap Bantu Chaerul, Montir Asal Pinrang yang Berhasil Merakit Pesawat

Chaerul, montir asal Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang berhasil merakit pesawat. Chaerul membuat pesawat secara autodidak, bahkan dirinya juga tidak memiliki latar belakang pendidikan formal.

PINRANG – KABARE.ID: Chaerul (33), pembuat pesawat rakitan asal Kabupaten Pinrang mendapat apresiasi khusus dari Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Sudirman mengatakan, sebagai alumni Fakultas Teknik Unhas, ia merasa kalah hebat atas keberanian Chaerul yang tidak tamat SD, menghadapi resiko saat melakukan uji terbang pesawat rakitannya di Pantai Langnga, Pinrang.

"Saya sangat surprise melihat kemauan Chaerul, sangat luar biasa dan membanggakan warga Sulsel. Kalau ada bakat seperti ini kita harus berikan dorongan untuk lebih maju lagi dan temuannya bisa dikembangkan lagi," ujar Sudirman, sebagaimana diberitakan oleh Detik.com, Jumat (17/1/2020).

Sudirman pun berharap pemerintah pusat ikut mendukung bakat Chaerul, untuk pengembangan prototype pesawat rakitan Chaerul, di masa depan dapat berkembang menjadi industri pesawat mesin baling-baling, sesuai harapan almarhum BJ Habibie yang menginginkan berdirinya industri pesawat mesin propeller yang sesuai dengan karakter Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Apa yang sudah dilakukan Chaerul tidak boleh hanya sekadar viral saja, tidak boleh sampai di sini. Harus ada support pemerintah pusat, sebab tanpa perhatian pemerintah, jangankan Chaerul, bagaimana yang baru berpikir mau membuat pesawat, akan berhenti dengan sendirinya," pungkas Sudirman.

Sementara itu, Chaerul yang didampingi Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid, membawa baling-baling pesawatnya yang terbuat dari kayu. Chaerul diketahui merakit pesawat dari barang-barang bekas, seperti roda gerobak dan kain parasut bekas pembungkus mobil. Chaerul mengeluarkan kocek pribadinya sekitar Rp25 juta untuk biaya perakitan pesawatnya.

Akibat videonya yang viral, Chaerul juga diundang ke Jakarta untuk tampil di program talkshow salah satu siaran televisi swasta nasional. (*)

 

Sumber: Detik.com

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post