Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
KABAR

Wakapolres Teluk Wondama Jadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pembacaan Ikrar menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Teluk Wondama Herman Sawasemariay. (Foto: Elton)

Dalam upacara tersebut, segenap rakyat Indonesia di Kabupaten Teluk Wondama berikrar untuk menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan NKRI

RASIEI – KABARE.ID: Hari Kesaktian Pancasila diperingati dalam sebuah upacara di lapangan Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Wondama. 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 ini diikuti oleh Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Teluk Wondama, Herman Sawasemariay, Komandan Koramil 1806-05 Wasior Mayor Inf.  Andri Rismawan, Para Kepala OPD di lingkungan Pemda Teluk Wondama, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Bank BRI Wasior, Pimpinan Bank Papua Wasior, Basarnas Teluk Wondama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan, Para ASN , Anggota TNI, Anggota Polri dan masyarakat setempat.

Bertindak selaku inspektur upacara Wakapolres Teluk Wondama, Komisaris Polisi Lang Gia.

Upacara yang berlangsung sangat sederhana ini juga ditandai dengan pembacaan ikrar oleh Ketuan Sementara DPRD Kabupaten Teluk Wondama Herman Sawasemariai.

Herman mengatakan, dalam momentum hari kesaktian pancasila ini seluruh rakyat Teluk Wondama bertekat untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti diketahui, tanggal 30 September 1965, pernah terjadi gerakan yang ditunggangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Gerakan tersebut menangkap dan membunuh tujuh Jendral Indonesia yang kini kita kenal sebagai Peristiwa Berdarah Gerakan 30 September (G30S/PKI) atau Gestapu yang menodai lembaran Negara Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila pun diperingati sehari setelahnya, yakni pada tanggal 1 Oktober sebagai peringatan bahwa Pancasila akan terus ada dan akan menjadi ideologi bangsa yang sakti. (era/75)

 

 

Pewarta: Kontributor Kabare
Editor: Baskoro Dien

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post