Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Vivi Zubedi Ajak Perempuan Indonesia Terus Berjuang untuk Memaksimalkan Potensi Diri

Foto: Instagram Vivi Zubedi.

Desainer Vivi Mar’i Zubedi melakukan berbagai kegiatan sosial guna membantu masyarakat tetap bertahan di tengah Pandemi Virus Corona.

JAKARTA - KABARE.ID: Vivi Mar’i Zubedi, desainer Indonesia dan pemilik brand busana muslim “VIVIZUBEDI”, melakukan berbagai kegiatan sosial guna membantu masyarakat tetap bertahan di Era Pandemi Virus Corona. 

Sejumlah program yang telah dilakukan Vivi  antara lain Sedekah #CegahCovid, pembagian beras gratis di Banjar Baru, kampanye 1000 mukena untuk Indonesia serta program pembangunan Masjid di beberapa daerah di Indonesia.

"Industri fesyen menjadi salah satu sektor yang terkena dampak akibat munculnya virus Corona di dunia. Semua pihak yang terkena imbas dari wabah ini terus berjuang dan saling membantu memberi dukungan satu sama lain," ujar Vivi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (27/8/2020). 

Ini bukan pertama kalinya Vivi terlibat dalam kegiatan sosial. Dalam perjalanan karirnya, Vivi kerap menaruh perhatian pada pemberdayaan perempuan. Misalnya memberdayakan kerajinan lokal hasil karya pengrajin perempuan-perempuan Indonesia dengan menjalin kolaborasi dengan mereka. 

Pada kesempatan New York Fashion Week 2018, Vivi mempersembahkan koleksi Urang Banua yang terinspirasi dari Kain Sasirangan dan Tenun Pegatan yang dibuat langsung oleh para pengrajin perempuan di Kalimantan. 

Pada program ISEF 2019, VIVIZUBEDI turut mempersembahkan koleksi The Purun Label yang diprakarsai dengan membeli kerajinan purun dari tangan pengrajin di Kalimantan. 

Bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia, Vivi mempersembahkan koleksi spesial “All About Scarf” dengan salah satu serinya yakni Archipelago Scarf, sebagai bentuk apresiasi kepada para perempuan Indonesia dengan kampanye bertajuk #From VIVIZUBEDI to Indonesia. 

Terdapat dua pilihan material dari Archipelago Scarf yaitu satin silk dan juga premium voal. Koleksi ini hadir dengan kombinasi warna-warna gelap dan earth- tone, seperti navy, black dan beige yang masing-masing merepresentasikan karakter dari Archipelago Scarf.

Inspirasi dari koleksi “All About Scarf” berasal dari keindahan dan keragaman motif etnik yang tersebar di kepulauan Indonesia. Inspirasi tersebut kemudian tertuang dalam kombinasi motif dan desain kontemporer VZ Monogram. 

Karakter desain VIVIZUBEDI pada koleksi ini hadir dengan permainan variasi warna terang hingga gelap yang memberikan kesan strong namun tetap elegan.

Vivi juga mempersembahkan koleksi “All About Scarf” kepada 20 perempuan Indonesia inspiratif sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di masyarakat, antara lain adalah Ingrid Kansil, Tini Sardadi, Shinta Bubu, dan beberapa perempuan yang menginspirasi lainnya.

"Saya berharap kampanye From VIVI ZUBEDI to Indonesia mampu memberikan semangat emansipasi pada perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berjuang memaksimalkan potensi diri demi masa depan bangsa yang lebih baik dan selalu menginspirasi di segala aspek kehidupan pada masa pandemi ini," tandas Vivi.

Sekilas tentang Vivi

Memiliki nama lengkap Vivi Mar’i Zubedi, ia merupakan seorang desainer asal Indonesia yang telah berhasil memperkenalkan koleksi busana muslim di pasar dan panggung internasional. 

Memiliki gelar akademik di bidang Akuntansi Universitas Sumatera Utara tidak menghambat mimpinya untuk mendalami dunia fashion. 

Sejak berada di bangku sekolah, Vivi telah memutuskan untuk belajar lebih dalam mengenai industri tersebut dengan mempelajari dasar pembuatan pola kain dan sebagainya. 

Pada awal mula menggeluti dunia fesyen, Vivi meluncurkan label pertamanya yang diambil dari namanya yaitu “VIVIZUBEDI” dan untuk pertama kali mempersembahkan koleksinya pada acara Indonesia Fashion Week 2014. 

Dalam perjalanan karirnya, Vivi bersama VIVIZUBEDI Brand untuk ketiga kalinya sejak tahun 2017 telah berhasil memperkenalkan tren modest fashion di industri fesyen global melalui event fashion Internasional New York Fashion Week.

Saat ini, Vivi Mar’i Zubedi tengah menjabat sebagai ketua Yayasan VIVIZUBEDI Indonesia yang memiliki visi untuk menjalankan program-program sosial dalam kontribusinya untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya kaum dhuafa. 

Tidak hanya itu, Vivi juga aktif menjadi salah satu dewan IKRA (Indonesia Kreatif Syariah Indonesia), dimana dirinya turut berusaha meneruskan visi pemberdayaan perempuan di sektor usaha fashion dan pakaian. (bas)

 

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post