Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Viu Shorts Dorong Film 'Drama' Bermuatan Lokal

Dirmawan Hatta (paling kanan) di acara konferensi pers festival film pendek Viu Shorts, Bekraf Habibie Festival 2018, JIExpo Kemayoran, Kamis (20/9/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Festival film pendek “Viu Shorts” akan menyasar kota-kota kecil di Indonesia guna mendorong film-film bermuatan lokal.

JAKARTA-KABARE.ID: Salah satu mentor yang akan terlibat dalam Viu Short adalah pembuat film Dirmawan Hatta yang akan berkeliling ke 17 kota di Indonesia. Ia bersama mentor lainnya akan mengadakan lokakarya selama sekitar dua minggu, lalu berlanjut ke produksi film selama dua minggu mulai Oktober mendatang.

Setiap satu kota yang dikunjungi akan menghasilkan satu film yang akan diangkat dari tema lokal daerah tersebut. “Melalui festival ini, kita bisa mengunjungi tempat-tempat yang belum banyak diekspos dan mempersatukan keberagaman,” ujar Hatta saat jumpa pers di Bekraf Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Kamis (20/9/2018).

“Kami mencari ide-ide yang orisinil. Kalaupun bukan orisinil, harus autentik yang bisa kita dapatkan di daerah-daerah yang berbeda. Karena setiap daerah punya drama yang berbeda,” tambah Hatta.

Baca juga: Viu Indonesia Gelar Festival Film Pendek di 17 Kota Indonesia

17 kota yang akan dikunjungi antara lain: Atambua, Palu, Manado, Makassar, Batam, Medan, Palembang, Padang, Pontianak, Singkawang, Banjarmasin, Samarinda, Yogyakarta, Cilegon, Banyuwangi, dan Malang.

Film-film hasil lokakarya Viu Shorts akan ditayangkan di platform Viu, sekaligus dievaluasi dan dinilai oleh tim juri. Juara festival ini akan diumumkan pada Mei 2019. Para pemenang akan mendapatkan beasiswa belajar sinematografi di Institut Kesenian Jakarta selama empat tahun penuh. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post