Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Vihara di Makassar Gelar Perayaan Waisak dan Buka Puasa Bersama

Ilustrasi: umat Budha sedang beribadah. (Instagram)

Perayaan Waisak yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama adalah bentuk nyata dalam menjaga toleransi beragama.

MAKASSAR-KABARE.ID: Perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Sasana Dipa, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dirangkaikan dengan buka puasa bersama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulsel.

"Tentunya ini momen sangat langka dan jarang sekali bertepatan, makanya kita manfaatkan momen ini untuk menjaga toleransi beragama," kata Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sulawesi Selatan, Yongris Lao, di Makassar, Selasa (29/5).

Menurutnya, silaturahmi tersebut dapat menguatkan umat beragama satu sama lain tentang pentingnya arti kebersamaan meski berbeda-beda pemahaman agama, agar tercipta kedamaian dan ketentraman.

Senada dengan Yongris, Bhikku Siritatano Mahathera saat memberikan sambutan mengatakan, perayaan Waisak bersamaan dengan buka puasa bersama adalah momentum yang baik dalam menjaga kedamaian umat beragama.

"Tahun ini momen perayaan Waisak bersamaan bulan Ramadhan, kami menyampaikan selamat menjalankan ibadah kepada umat Islam yang menjalankan ibadah puasa," katanya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, Asmanto Baso Lewa pada kesempatan itu menambahkan, melalui perayaan Waisak dirangkaikan dengan buka puasa bersama adalah salah satu bentuk tolerasi umat beragama yang berjalan baik.

"Saya ucapkan banyak terima kasih, sebab acara ini sebagai bentuk penguatan kita saling menghargai satu sama lain dan bekerja sama menjaga kedamaian dan toleransi sesama umat beragama. Inilah salah satu contoh menguatkan kita untuk bersama-sama menciptakan kedamaian di Sulsel," ujarnya.

Buka puasa bersama tersebut juga dihadiri beberapa umat Budha serta warga disekitar vihara termasuk pemuka agama dari Islam, Hindu, Budha, dan Kristen termasuk pihak kepolisian dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Sumber: Antara

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post