Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Tunjukkan Indonesiamu: 2.000 Penari Bakal Menari Bersama di Jakarta

Penari cilik dari Yayasan Belantara Budaya Indonesia saat tampil di pembukaan Indonesia is me - Tunjukkan Indonesiamu di fX Sudirman Jakarta, Jumat (10/8/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

Mereka akan menarikan tujuh tari tradisional, mulai dari tari Betawi hingga tarian Papua dalam rangka menyambut Kemerdekaan RI ke-73 dan Asian Games 2018.

JAKARTA-KABARE.ID: Sebanyak 2.000 penari akan menari tari tradisional di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (car free day/CFD) Sudirman, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

“Pesertanya anak tari Indonesia, ada dari atlet KONI, artis, dan keluarga Indonesia mulai usia 5 tahun sampai 70 tahun,” ujar Diah Kusumawardani Wijayanti, Pendiri Yayasan Belantara Budaya Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Diah Kusumawardani (kedua kanan) dalam acara konferensi pers Indonesia is me - Tunjukkan Indonesiamu di fX Sudirman Jakarta, Jumat (10/8/2018). (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)

 

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini sebelumnya sudah mendaftarkan diri melalui sms registrasi. Mereka akan datang dengan kain Nusantara apapun yang dimiliki.

“Nanti ada satu pemimpin di atas yang mengarahkan mereka, ada juga beberapa penari profesional di bagian depan agar mereka dapat mengikuti gerakan tarian,” ujar Diah.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Indonesia Is Me - Tunjukkan Indonesiamu yang diselenggarakan oleh Synthesis Development, Yayasan Belantara Budaya Indonesia, fX Sudirman, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta.

Tari, peragaan busana, dan atlet nasional

Peragaan busana di acara pembukaan Indonesia is me – Tunjukkan Indonesiamu. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Rangkaian Indonesia is me – Tunjukkan Indonesiamu, dimulai pada 10 Agustus 2018 dengan peresmian, penampilan tari tradisional, dan peragaan karya busana dari perancang yang berkomitmen mengangkat budaya Indonesia dalam karyanya, yaitu Amanda Tania, Rryni House, Dhara, dan OKainku.

Acara kemudian dilanjutkan talkshow terkait olahraga dari KONI serta penampilan tari dan musik yang dibawakan oleh atlet Indonesia.

Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Djamhuron Purwanto Wibowo mengatakan, untuk mengenal olahraga perlu ada sosialisasi agar masyarakat bisa mencintai olahraga.

“Untuk itu, kita gelar Koni Fair di fX Sudirman, mencoba mengenalkan olahraga masuk mal. Karena kan, biasanya olahraga identik di lapangan yang ditakuti anak muda kulitnya jadi hitam terbakar matahari,” ujar Purwanto.

“Kita punya 34 stan cabang olahraga.. Selain stan, ada juga demonstrasi untuk kegiatan olahraga, seperti pencak silat, karate, dan senam,” sambungnya.

Digelarnya Koni Fair di fX Sudirman diharapkan bisa mengenalkan cabang-cabang olahraga kepada masyarakat sehingga bisa menarik minat, mulai dari orang tua hingga anak-anak agar bisa mencintai olahraga.

Para penari cilik dari Yayasan Belantara Budaya Indonesia tampil memukau. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang baru pertama kali tampil di muka umum. (Foto: Kabare.id/ Baskoro Dien)


Tunjukkan Indonesiamu adalah rangkaian kegiatan Indonesia is Me yang digelar setiap tahunnya untuk ikut mensyukuri Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tahun 2018 adalah tahun ke-4 diselenggarakannya Indonesia is Me yang digagas oleh Synthesis Development. (bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post