Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Tradisi Ruwat Rawat Borobudur Tahun Ini Digelar Secara Virtual

Pembukaan Ruwat Rawat Borobudur ditandai pembagian paket sayuran kepada warga sekitar Candi Borobudur. (Foto: ANTARA/Heru Suyitno).

Pandemi Covid-19 yang belum usai memaksa tradisi ruwat rawat Borobudur digelar secara virtual.

MAGELANG - KABARE.ID: Tradisi Ruwat Rawat Borobudur (RRB) ke-19 tahun 2021 digelar secara virtual di tengah pandemi Covid-19. Tradisi ini dilaksanakan sebagai spirit untuk melestarikan Candi Borobudur.

"Kami tetap menyelenggarakan RRB dengan sistem virtual. Harapan kami kedepan agar Ruwat Rawat Borobudur tetap berlanjut, sehingga tetap bisa mendampingi Borobudur sebagai warisan budaya dunia," kata penggagas RRB, Sucoro, Selasa (9/2/2021).

Acara dalam RRB antara lain festival kesenian rakyat, acara-acara tradisi, dan sarasehan kebudayaan. RRB ke-19 dibuka di pelataran barat Candi Borobudur oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY, Jateng dan Jatim Dwi Ratna N.

Sucoro mengatakan, festival kesenian rakyat penilaiannya juga berlangsung secara virtual. Saat ini sudah ada 100 lebih kelompok kesenian yang mendaftar. Peserta festival kesenian rakyat, antara lain dari Magelang, Temanggung, Kendal, dan beberapa daerah lain di Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pimpinan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) Catrini Pratihari Kubontubuh mengatakan, keberadaan komunitas merupakan bagian penting dari sebuah pelestarian. Sehingga pelestarian tidak hanya dimiliki pemerintah. (*)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post