Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
SENI BUDAYA

Tradisi Makan Bajamba dan Seni Kim Hibur Pengunjung Padang Travel Mart 2018

Ilustrasi: Makan bajamba. (istimewa)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menjamu peserta Padang Travel Mart 2018 dengan budaya makan bajamba dan seni Kim yang menggabungkan musik dan kuis berhadiah.

PADANG-KABARE.ID: Tradisi makan bersama atau makan bajamba adalah salah satu budaya Minang. Tradisi ini biasanya diikuti oleh puluhan hingga ribuan orang sekaligus. Namun pada kegiatan Padang Travel Mart 2018, sejumlah peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok (3-7 orang) duduk dalam lingkaran di Restoran Sawah Laman, di Kabupaten Tanah Datar.

“Nasi dan lauk disajikan dalam satu nampan atau piring besar. Ada kari ayam, rendang, daging asam, terung balado, bakso, dan lauk lainnya,” ujar Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Didit P. Santoso, seperti diberitakan Antaranews.com, Minggu (21/10).

Sementara seni Kim adalah perpaduan hiburan musik dengan hadiah. Cara mainnya adalah, peserta diberi beberapa lembar kertas yang berisi deretan angka. Kemudian penyanyi akan memainkan lagu dan menyelipkan sejumlah angka yang nantinya dicatat oleh para peserta. Pemenang yang berhak mendapatkan hadiah adalah peserta yang berhasil mengumpulkan angka yang disebutkan oleh penyanyi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Perjalanan Wisata (ASITA) Sumatra Barat, Ian Hanafiah mengatakan, dua budaya yang ditawarkan kepada peserta Padang Travel Mart 2018 mampu memeriahkan suasana. "Dulu cukup banyak pemain jasa pariwisata di luar Sumatera Barat yang tahu dua budaya ini, tetapi sekarang mereka mulai menghilang. Kami perkenalkan kembali ke publik," katanya.

Padang Travel Mart 2018 adalah pertemuan bisnis antara pemain layanan pariwisata Sumatera Barat dengan operator layanan pariwisata nasional dan internasional dalam mempromosikan paket pariwisata regional. Pameran ini dimeriahkan 44 pelaku pariwisata dari Sumatra Barat dan 71 pemain jasa pariwisata termasuk 30 dari Malaysia dan 7 dari Singapura. (ant/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post