Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Tokoh Animasi Inspiratif Bisa Bantu Perkembangan Karakter Anak

Tokoh animasi di Film Kung Fu Panda. (Dreamworks.com)

Karakter animasi yang inspiratif dapat dimanfaatkan orang tua sebagai contoh perilaku dan proses pembentukan kebiasaan baik untuk memudahkan anak memahami rangkaian perilaku yang harus dilakukan.

JAKARTA-KABARE.ID: Psikolog anak Retno Dewanti Purba mengatakan tokoh animasi yang inspiratif dapat dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan baik kepada anak, termasuk pola hidup sehat dan aktif.

"Kebiasaan dapat dipelajari dan dibentuk. Anak belajar dengan cara meniru, mengulangi atau mengenali pola-pola serta keteraturan dari pengalaman sehari-hari," kata Retno melalui siaran pers di Jakarta, Senin (25/6/2018).

Misalnya, kata Retno, saat anak belajar memiliki kebiasaan untuk minum susu, mereka memerlukan ketetapan kapan waktu terbaik untuk minum susu, bersama siapa benda apa saja yang diperlukan seperti gelas atau botol, tempat diperbolehkan minum susu seperti meja makan atau tempat tidur.

Anak juga perlu dibiasakan perilaku pendukung lainnya seperti meminum susu sampai habis dan tanpa tumpah.

"Pada tahap ini, orang tua dituntut kreatif yang sesuai dengan usia anak, misalnya dengan melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak serta mengaitkan nilai dan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan melalui tokoh atau karakter favorit anak," tuturnya.

Selain itu, orang tua juga harus memberi contoh penerapan nilai dan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan pada anak secara konsisten. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama juga dapat mempererat ikatan keluarga yang lebih kuat. (ant)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post