Monday 8 May 2015 / 22:03
  • -
Komunitas

Tokoh Adat dan Masyarakat Toba Tunda Kegiatan Adat di Tengah Wabah Covid-19

Ilustrasi: IST

Penundaan pelaksanaan berbagai acara adat dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid -19 (Virus Corona) semakin berkembang.

JAKARTA - KABARE.ID: Para tokoh adat dan masyarakat di Kabupaten Toba membuat Surat Kesepakatan Bersama untuk menunda pelaksanaan berbagai acara adat sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid -19 (Virus Corona) semakin berkembang,


"Misalnya pelaksanaan pesta adat yang akan menghadirkan banyak orang, dimana hal itu sangat berpotensi dalam mempercepat penyebaran Virus Corona Covid 19," sebut Wilson Napitupulu, salah seorang tokoh masyarakat dari Kecamatan Porsea, Balige, pada Sabtu (28/3/2020).

Wilson yang juga turut hadir dalam membuat kesepakatan itu menyebutkan beberapa tokoh adat Toba bersama Pemerintah Kabupaten Toba yang dipimpin langsung Bupati Toba, Darwin Siagian, Jumat (27/3/2020) sepakat berupaya memutus rantai penyebaran Virus Corona terkait pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kesepakatan yang ditandatangani oleh para tokoh adat se- Kabupaten Toba itu meminta agar semua pihak dapat menunda pelaksanaan acara adat/ pesta/ arisan atau kegiatan sejenisnya sampai batas waktu aman yang dinyatakan oleh pemerintah.

Disepakati juga untuk tidak menghadirkan banyak orang untuk kegiatan yang sifatnya acara duka; ikut serta berperan aktif untuk mewujudkan agar tidak terjadi keramaian di tengah-tengah masyarakat termasuk di kedai atau warung, dan mewujudkan situasi yang kondusif di tengah-tengah masyarakat.

"Dengan ini, kami mengimbau masyarakat untuk mematuhi kesepakatan ini, meneruskan kesepakatan ini kepada masyarakat Kabupaten Toba lainnya, serta melaporkan hal-hal yang dianggap perlu ke Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Toba, dengan nomor kontak 0811 609 1084," sebut Wilson.

Wilson berharap melalui penundaan segala bentuk acara adat yang berpotensi kerumunan massa ini dapat mengantisipasi virus Corona di Toba.

"Semoga dengan segala upaya yang sudah kita laksanakan ini, musibah Virus Corona Covid - 19 dapat segera berlalu. Semoga Tuhan mengasihi kita. Amin," pungkas Wilson. (MC Toba bern/rik/bas)

Baskoro Dien

TIDAK ADA KOMENTAR

KOMENTAR

Popular Post